Jemaah Haji Tahun Ini Tanpa Batasan Usia dengan Jumlah Kuota 221 Ribu

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 09 Januari 2023
0 dilihat
Jemaah Haji Tahun Ini Tanpa Batasan Usia dengan Jumlah Kuota 221 Ribu
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah. Foto: Repro Haji.kemenag.go.id

" Kuota haji pada 2023 resmi bertambah yang terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) dan Pemerintah Arab Saudi resmi menyepakati kuota haji Indonesia untuk 2023 sebanyak 221 ribu jemaah.

Jika sebelumnya di 2022, pemerintah Arab Saudi menetapkan kuota haji Indonesia hanya 100.051 yang terdiri dari 92.825 kuota jemaah haji reguler, 7.226 kuota jemaah haji khusus, dan 1.901 kuota untuk petugas.

Melansir Kemenag.go.id, kuota haji pada 2023 resmi bertambah yang terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota. Selain tentang kuota, kesepakatan ini juga mengatur tentang pendaratan (landing) pesawat di Jeddah dan Madinah, serta beberapa kebijakan terbaru terkait pelayanan ibadah haji.

Pemerintah RI dan Arab Saudi juga menyepakati beberapa hal lain, termasuk di antaranya tak ada pembatasan usia jemaah haji. Kebijakan batas usia sebelumnya diterapkan pemerintah Arab Saudi selama pandemi dua tahun terakhir. Saat itu, Saudi menerapkan syarat usia jemaah haji 2022 harus di bawah 65 tahun.

Baca Juga: Kamaruddin Simanjuntak Serahkan Ribuan Video Mesum Diduga Dirut PT Taspen

"Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jemaah haji. Artinya, jemaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji tahun ini," kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Yaqut pada kesempatan itu sempat meminta tambahan kuota haji bagi Indonesia. Permohonan penambahan kuota haji kembali disampaikan karena antrean haji di Indonesia semakin panjang.

Baca Juga: Meski Turun, Harga Pertamax di Kota Kendari Tidak Berubah

Namun, Menteri Agama Saudi saat ini belum menerima permintaan tersebut. Mereka disebut akan memprioritaskan hal itu.

"Kenyamanan dan keselamatan ini prioritas. Namun saya katakan, Indonesia akan selalu mendapatkan prioritas dalam memperoleh kuota tambahan," ucap Menag Saudi seperti dikutip dari Cnnindonesia.com.

Kesepakatan tersebut ditandatangani hari ini oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah di Jeddah. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga