adplus-dvertising

Jenderal Andika Panglima TNI, Gatot Nurmantyo: Pilihan Jokowi Tepat

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Kamis, 04 November 2021
1136 dilihat
Jenderal Andika Panglima TNI, Gatot Nurmantyo: Pilihan Jokowi Tepat
Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Foto: Repro merdeka.com

" Gatot menyebut, akan ada banyak tantangan yang harus dilalui dalam masa kepemimpinan Jenderal Andika Perkasa selama satu tahun ke depan. Satu di antaranya adalah persoalan terkait KKB di Papua "

JAKARTA,TELISIK.ID - Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo ikut menanggapi terpilihnya KSAD Jenderal Andika Perkasa menjadi calon Panglima TNI pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, sosok Jenderal Andika Perkasa sangat tepat untuk dijadikan calon Panglima TNI dan menyambut baik pilihan Presiden tersebut.

"Ditinjau dari segi kompetensi, profesionalisme, dan regenerasi TNI sangat tepat," kata Gatot, dikutip dari tayangan Youtube tvOne, Kamis (4/11/2021).


"Sedangkan pertimbangan lain tentu sepenuhnya menjadi hak prerogatif presiden," tambahnya.

Gatot menyebut, akan ada banyak tantangan yang harus dilalui dalam masa kepemimpinan Jenderal Andika Perkasa selama satu tahun ke depan. Satu di antaranya adalah persoalan terkait KKB di Papua.

Kepada Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI ke-30 itu menjelaskan persoalan di Bumi Cendrawasih harus diselesaikan dengan cara sistematis agar tak memicu konflik lebih jauh.

"Itu harus terkonsep benar sehingga mencapai tujuan tanpa menimbulkan gejolak yang lebih," kata Gatot.

Ia pun yakin Andika, yang menjabat Kepala Dinas Penerangan TNI AD saat Gatot jadi KSAD pada 2014, bisa menangani tantangan-tantangan itu dengan baik lantaran memiliki kompetensi dan profesionalitas.

"Saya yakin bahwa Pak Andika bukan Panglima yang bodoh tidak akan membiarkan musuh untuk berkonsolidasi. Itu keyakinan, saya tahu persis kredibilitas Andika soal ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Gatot menilai bahwa Andika semasa menjadi anak buahnya mampu mengerjakan dan menyelesaikan tugas lebih baik ketimbang orang lain. Karenanya, hal tersebut menjadi potensi dan keunggulan tersendiri bagi Andika.

Gatot pun berharap nantinya Andika bisa menciptakan konsolidasi antara tiga matra TNI saat menjadi Panglima. Ia juga meminta Andika tetap memegang prinsip bahwa TNI merupakan tentara rakyat dan tentara pejuang.

Baca Juga: Cegah Penularan Gelombang Ketiga, DPR Sarankan Kemenkes Segera Lakukan Vaksin Pada Anak

Baca Juga: DPR RI Segera Jadwalkan Uji Kelayakan Calon Panglima TNI

"Kemudian masalah diplomasi, saya pikir tidak diragukan lagi, sebagai KSAD dia sudah menunjukkan itu semuanya," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengusulkan Andika Perkasa sebagai calon tinggal Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Jokowi mengirimkan Surat Presiden (Surpres) melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dan diterima oleh Ketua DPR Puan Maharani di Gedung DPR, pada Rabu (3/11/2021).

Dipilihnya Andika sebagai Panglima TNI mengakhiri teka-teki bursa pencalonan Panglima TNI yang ramai belakangan ini. Sebelumnya, selain Andika, calon Panglima TNI sempat diramaikan oleh nama Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga