Jika Lebaran 2023 Jatuh pada Sabtu, Bolehkah Tidak Puasa saat Jumat?

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 19 April 2023
0 dilihat
Jika Lebaran 2023 Jatuh pada Sabtu, Bolehkah Tidak Puasa saat Jumat?
Lebaran 2023 antar Muhammadiyah dan pemerintah diprediksi berbeda, yaitu 21 April dan 22 April 2023. Foto: Detik.com

" Hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H masih belum jelas kapan ditetapkan pemerintah. Lebaran tahun ini berpotensi mengalami perbedaan antara pemerintah dengan Muhammadiyah "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H masih belum jelas kapan ditetapkan pemerintah. Lebaran tahun ini berpotensi mengalami perbedaan antara pemerintah dengan Muhammadiyah.

Dilansir dari Kompas.com, seperti diketahui, Muhammadiyah sebelumnya lebih dulu telah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat (21/4/2023), berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal.

Ketentuan tersebut tertuang di dalam Hasil Hisab Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada 23 Desember 2022. Sementara lebaran versi pemerintah berpotensi akan jatuh pada Sabtu (22/4/2023).

Baca Juga: 5 Kebiasaan Rasulullah saat Hari Raya Idul Fitri

Hal ini berdasarkan hasil perhitungan astronomi, posisi hilal pada saat pelaksanaan rukyatul hilal berada pada 1-2 derajat di atas ufuk, dengan sudut elongasi di bawah 3 derajat. Angka itu masih jauh di bawah kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura), yakni ketinggian hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.

Dengan adanya potensi perbedaan ini, bolehkah umat Islam tidak berpuasa pada Jumat, meski baru mengikuti lebaran atau Salat Ied pada Sabtunya?

Dikutip dari Kompas.tv, Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhammad Ziyad mengatakan umat Islam yang merayakan lebaran dan melaksanakan Salat Id pada hari Jumat, tidak boleh berpuasa.

Pasalnya, mereka meyakini bahwa hari itu sudah masuk 1 Syawal yang merupakan hari diharamkannya berpuasa. Adapun bagi umat Islam yang merayakan lebaran dan melakukan Salat Id pada Sabtu, diperbolehkan untuk tidak berpuasa di hari Jumat.

Baca Juga: Lima Wanita yang Diabadikan Al-Qur'an, Dua Terkenal Durhaka Karena Ini

"Boleh (tidak puasa), karena sudah ada saudara muslim yang merayakan Idul Fitri," kata Ziyad, Selasa (18/4/2023).

Kendati demikian, Ziyad mengembalikan semuanya ke keyakinan masing-masing. Menurut dia, penentuan hari lebaran 2023 sudah melalui hasil ijtihad. Dia berharap, masyarakat dapat saling menghargai dan menghormati meski lebaran 2023 berbeda hari.

“Mudah-mudahan kita bisa saling berlebaran dengan penuh toleransi," pungkasnya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga