Jokowi Evaluasi Kinerja Menterinya, PDIP: Ini Momentum yang Tepat

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Sabtu, 04 Juli 2020
0 dilihat
Jokowi Evaluasi Kinerja Menterinya, PDIP: Ini Momentum yang Tepat
Jokowi, Wapres dan para menteri Kabinet Kerja Jilid II. Foto: Repro Instagram

" Berarti momentum seperti ini tepat untuk mengevaluasi kepemimpinan para menteri, kinerja para menteri. Ya, wajar saja. Evaluasi wajar, apakah rencana sudah dijalankan atau belum. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Aksi Presiden Joko Widodo marah-marah dan mengancam akan melakukan reshuffle kepada Menteri yang kurang baik kinerjanya dalam penanganan COVID-19 mendapat dukungan.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendukung penuh langkah Presiden Jokowi mengevaluasi kinerja jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan, evaluasi yang dilakukan oleh Presiden Jokowi terhadap kinerja menterinya telah dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Terlebih sepanjang Maret hingga Juni 2020 ini Indonesia menghadapi pandemi COVID-19 yang membutuhkan kerja ekstra dari pemerintah dalam menanganinya.

"Berarti momentum seperti ini tepat untuk mengevaluasi kepemimpinan para menteri, kinerja para menteri. Ya, wajar saja. Evaluasi wajar, apakah rencana sudah dijalankan atau belum," kata Hendrawan lewat keterangan tertulisnya yang diterima Telisik.id di Jakarta, Sabtu (4/7/2020).

"Kalau tidak dilakukan, itu malah aneh. Apalagi di kondisi ekstra ordinary, kondisi luar biasa yang dibutuhkan langkah yang tegas, jelas, kreatif, dan inovatif. Kan, presiden berusaha menginjeksi mindset agar para pembantunya melakukan hal yang sama," tambahnya.

Baca juga: Kemenkes Catat 700 Ribu Kasus DBD, dengan 500 Kematian

Hendrawan menuturkan, evaluasi yang dilakukan Presiden Jokowi dimaksudkan untuk menyelaraskan kinerja para menteri dalam menangani COVID-19. Karenanya, dia meminta semua partai politik yang memiliki keterwakilan menteri di Kabinet Indonesia Maju legowo bila kadernya dievaluasi.

"Otomatis itu kan hak prerogatif presiden. Ketika orang diangkat menjadi menteri, dia harus siap menjadi sorotan publik, dia harus siap dievaluasi setiap saat. Siap untuk mendapatkan rapot merah. Siap mendapatan pujian baik jika memang prestasinya baik," ucap Hendrawan.

Hendrawan memastikan, PDIP selalu mendukung langkah dan kebijakan yang diambil Presiden Jokowi dalam menghadapi pandemi. PDIP bersama kader-kadernya baik yang menduduki jabatan di legislatif hingga kepala daerah secara konsisten menjalankan politik keberpihakan kepada rakyat.

"Seseorang menjadi kepala daerah dia harus berpihak kepada rakyat. PDIP hanya mengingatkan kadernya bahwa kerja-kerja kita adalah kerja kebangsaan, politik kesejahteraan. Instruksi dari DPP hampir setiap minggu ada untuk memotivasi kader untuk berbuat yang terbaik," tegas Hendrawan.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga