Jokowi Puji Indonesia Main Bagus di Piala Asia 2023 Qatar, Erick Thohir Optimis Kalahkan Jepang

Mustaqim, telisik indonesia
Sabtu, 20 Januari 2024
0 dilihat
Jokowi Puji Indonesia Main Bagus di Piala Asia 2023 Qatar, Erick Thohir Optimis Kalahkan Jepang
Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, usai mencetak gol ke gawang Vietnam di penyisihin Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah Bin Khalifah, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam. Foto: Antara

" Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia usai menumbangkan musuh bebuyutannya Vietnam di pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 "

JAKARTA, TELISIK.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi perjuangan Timnas Indonesia usai menumbangkan musuh bebuyutannya Vietnam di pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023. Duel yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam dimenangkan Indonesia 1-0.

Gol semata wayang Timnas Indonesia dilesakkan Kapten Timnas, Asnawi Mangkualam Bahar, lewat penalti pada menit ke-42. Kemenangan ini disambut baik Jokowi dan memuji perjuangan tim asuhan Shin Tae-yong.  

Jokowi mengaku menonton pertandingan Timnas Indonesia versus Vietnam hingga tuntas. Dia menilai permainan Indonesia ‘bagus sekali’ dan kalimat ini diucapkannya berulang tiga kali.  

“Indonesia Vietnam 1-0. Sampe jam 12 kurang saya nonton. Mainnya bagus sekali, mainnya bagus sekali, mainnya bagus sekali,” ujar Jokowi usai menghadiri peringatan Harlah ke78 Muslimat Nahdlatul Ulama di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Baca Juga: Hasil Piala Asia 2023: Pecundangi Vietnam, Indonesia Tertolong Lewat Gol Pinalti Asnawi

Namun, Jokowi enggan menjawab pertanyaan wartawan terkait harapan ke depan. Dia segera bergegas pergi setelah menyampaikan pujian terhadap penampilan Timnas Indonesia tadi malam.  

Timnas Indonesia selanjutnya akan melakoni laga pamungkas di Grup D menghadapi Jepang pada Rabu (24/1/2024) malam WIB. Jepang merupakan salah satu unggulan dan tercatat sebagai negara yang langganan ikut dalam Piala Dunia.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir alias Etho, tetap optimis Timnas Indonesia membuat kejutan seperti Irak yang mengalahkan Jepang 2-1 pada hari yang sama.

“Fokus ke Jepang, tidak ada yang tidak mungkin. Irak bisa mengalahkan Jepang, mungkin Indonesia juga bisa,” ujar Etho.

Etho sebelumnya menargetkan Asnawi dan kawan-kawan bisa lolos ke fase 16 besar. Dia tetap meminta Tim Garuda fokus dan disiplin saat bertemu Jepang yang berada di peringkat ke-17 dunia.

“Kami harus optimis. Meskipun peringkat kami jauh di bawah Jepang, dengan disiplin dan fokus, target lolos ke 16 besar bisa tercapai,” tegasnya.

Meski Jepang sebagai peserta turnamen dengan ranking tertinggi di Piala Asia 2023, Etho berharap Timnas Indonesia tidak terpengaruh. Mantan Presiden Inter Milan ini juga meminta untuk melupakan kemenangan atas Vietnam.  

“Kita harus kembali fokus. Jangan terintimidasi oleh nama besar Jepang. Dengan perjuangan, kita bisa meraih hasil positif,” harap Etho yang juga menjabat Menteri Badan Usaha Milik Negara RI.

Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam tak terlepas dari peran Rafael William Struick yang dijatuhkan oleh Nguyen Thanh Binh di dalam kotak penalti. Wasit yang memimpin pertandingan asal Tajikistan, Gulmurodi Sadullo, kemudian menunjuk titik putih.

Awalnya Struick yang memegang bola direncanakan yang akan melakukan eksekusi penalti. Namun, perubahan cepat terjadi setelah Shin Tae-yong menginstruksikan kepada Asnawi yang mengambil eksekusi.

“Benar bahwa saya memerintahkan pergantian penendang penalti,” ungkap Shin Tae-yong usai seperti dikutip Telisik dari Soha.vn, Sabtu (20/1/2024).

Pelatih asal Korea Selatan ini punya alasan lebih mempercayakan Asnawi untuk mengambil penalti dibanding Struick.  

“saya pikir Asnawi lebih percaya diri. Dia memiliki ball feeling yang sangat baik, meskipun belum tampil oke di laga sebelumnya,” tutur pelatih 53 tahun ini.

Baca Juga: Mengulik Lemahnya Lini Pertahanan Indonesia di Piala Asia 2023, Sanggup Lawan Vietnam?

Pertandingan selanjutnya Indonesia versus Jepang akan dihelat di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) pukul 18:30 WIB. Indonesia mempunyai poin sama dengan Jepang yang berada di posisi kedua. Namun, Jepang unggul agregat gol dan produktivitas gol.

Kekalahan Jepang 1-2 atas Irak membuatnya turun ke urutan kedua klasemen. Irak sebagai juara grup dipastikan lolos ke fase gugur. Sementara Indonesia berpotensi menggeser Jepang dari posisi kedua jika meraih kemenangan pada laga terakhir.

Indonesia juga berpeluang lolos dari Grup D sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.  Tim asuhan Shin Tae-yong ini sementara memimpin klasemen peringkat tiga terbaik mengungguli Suriah, Tajikistan, dan Palestina yang baru mendapat satu poin dari dua laga.

Namun, Indonesia masih mendapat ancaman dari Oman dan Bahrain yang baru sekali bermain.  Oman akan melawan Thailand pada Minggu (21/1/2024), sedangkan Bahrain berduel dengan Malaysia malam ini pukul 21:30 WIB. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga