Jumlah Penduduk Bertambah, DPRD Kendari Berpotensi Tambah Kursi di Pileg 2024

Kardin, telisik indonesia
Senin, 12 Oktober 2020
0 dilihat
Jumlah Penduduk Bertambah, DPRD Kendari Berpotensi Tambah Kursi di Pileg 2024
Ketua DPRD Kendari, Subhan. Foto: Kardin/Telisik

" Kemungkinan besar akan bertambah lima kursi seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. "

KENDARI, TELISIK.ID - Jumlah penduduk Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus bertambah. Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2020 ini tercatat warga kota sebanyak 392.000 jiwa.

Seiring dengan pertumbuhan penduduk, maka jumlah pemilih juga ikut bertambah yang memungkinkan akan adanya penambahan kursi di DPRD Kendari saat Pileg mendatang.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan membenarkan potensi itu. Katanya, dengan signifikannya jumlah penduduk maka berpotensi besar jumlah anggota dewan juga akan bertambah.

"Kemungkinan besar akan bertambah lima kursi seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk," jelasnya. Senin, (12/10/2020).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, sebagai bentuk keseriusan dalam tambahan jumlah kursi tersebut, pihaknya lalu melaksanakan pertemuan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kendari.

Dalam pertemuan itu terangnya, guna mencocokan data pemilih yang terdiri dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), BPS Perumahan dan Pemukiman.

"Data pemilihnya harus jelas, sehingga kami gelar pertemuan dengan instansi terkait untuk mensinkronkan data-data yang ada," paparnya.

Baca juga: Pria Berhelm Ini Viral, Gegara Sebut Omnibus Law Jadi Melly Goeslaw

Sementara itu Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh mengatakan, rapat yang diselenggarakan terkait rencana penambahan jumlah kursi di DPRD Kendari.

"Kami melihat pertumbuhan penduduk sangat signifikan, sehingga kami sampaikan ke DPRD untuk memprogramkan hal itu," urainya.

Sesuai dengan Undang-undang, kabupaten dan kota yang memiliki jumlah penduduk 400 ribu ke atas maka sudah bisa memiliki 40 kursi anggota dewan.

"Saat ini jumlah anggota dewan 35 karena jumlah penduduknya belum mencukupi 400 ribu, namun melihat data BPS di Oktober 2020 ini sudah mencapai 392.000 jiwa, sementara Pilcaleg dilaksanakan 2024 nanti," bebernya.

Pengusulan tambahan kursi anggota dewan dua tahun sebelum diselenggarakan pemilihan, sehingga saat ini pihaknya memberikan masukan kepada DPRD Kota.

"Peluang untuk melakukan tambahan kursi dewan sangat besar, mengingat jumlah pertumbuhan penduduk di Kota Kendari sangat signifikan," tutupnya. (B)

Reporter: Kardin

TAG:
Baca Juga