Jumrana Nahkodai Aspikom Wilayah Sulawesi Tenggara, Ini Tiga Langkah Awal Bakal Dilakukan

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 07 Juni 2022
0 dilihat
Jumrana Nahkodai Aspikom Wilayah Sulawesi Tenggara, Ini Tiga Langkah Awal Bakal Dilakukan
Aspikom wilayah Sulawesi Tenggara, di dalamnya tergabung dari lima kampus yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara, yakni IAIN Kendari, UHO Kendari, Unusra, UM Buton dan UM Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Jumrana secara resmi dilantik untuk nahkodai, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom), wilayah Sulawesi Tenggara, periode 2022-2025 "

KENDARI, TELISIK.ID - Dosen Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Jumrana secara resmi dilantik untuk nahkodai, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom), wilayah Sulawesi Tenggara, periode 2022-2025.

Ketua Umum Aspikom, Dr. Muhammad Sulhan, mengatakan bahwa kepengurusan Aspikom wilayah Sulawesi Tenggara tersebut, didalamnya tergabung dari lima kampus yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara, yakni IAIN Kendari, UHO Kendari, Unusra, UM Buton dan UM Kendari.

Ia mengatakan gabungan lima kampus tersebut memiliki arti bahwa banyak potensi luar biasa yang bisa dilihat, sehingga ia berharap kepada koordinator wilayah Sulawesi Tenggara, untuk menjadi contoh yang sangat inovatif untuk beragam kolaborasi.

Dimana, nantinya pihaknya akan banyak memberikan pengetahuan tentang proses-proses bantuan integritas laboratorium, yang artinya koordinator wilayah Sulawesi Tenggara akan masuk dalam ikatan kerjasama yang banyak. Baik itu dalam penulisan jurnal maupun penelitian.

Ia meminta kepada koordinator wilayah Sulawesi Tenggara, kedepannya untuk menggali kearifan lokal, nilai-nilai komunikasi yang ada di Sulawesi Tenggara,

"Lalu menggali logic logic public relation yang ada di sini, jurnalistik disini dan kemudian periklanan yang ada disini," ucapnya.

Ia berpesan kepada pengurus yang baru dilantik untuk tetap enjoy dan menikmati tugas baru sebagai pengurus Aspikom.

Baca Juga: Ridwansyah Taridala Terpilih Jadi Sekretaris Daerah Kota Kendari

"Jangan jadikan beban karena sepanjang yang saya lihat, koordinator wilayah tumbuh bagus adalah yang menjadikan Aspikom sebagai taman bermain dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan," ujarnya.

Tempat sama, Ketua Aspikom terpilih wilayah Sulawesi Tenggara, Jumrana mengaku senang sekaligus khawatir, karena dengan pelantikan tersebut dirinya dan para pengurus diberi tanggung jawab yang besar untuk menentukan langkah Aspikom wilayah Sulawesi Tenggara selanjutnya.

Sehingga ia mengharapkan kerja sama, dukungan dan kolaborasi seluruh pengurus dan pengelola Prodi Ilmu Komunikasi, untuk memajukan Aspikom wilayah Sulawesi Tenggara.

Adapun langkah pertama yang akan ia lakukan adalah menyusun program kerja yang akan menjadi dasar pembuatan berbagai program dan kebijakan.

Kemudian yang kedua adalah membuat database tentang program studi Ilmu Komunikasi yang ada di Sulawesi Tenggara.

"Karena terus terang saja saya baru tahu bahwa ternyata bukan hanya UHO Kendari yang menyelenggarakan Prodi Ilmu Komunikasi, ternyata ada universitas lainnya, jadi saya kira itu sangat penting untuk dilakukan," ungkapnya.

Langkah ketiga adalah pihaknya akan membangun jejaring antar Program Studi Ilmu Komunikasi yang ada di Sulawesi Tenggara dan membangun jejaring dengan berbagai organisasi dan institusi.

Baca Juga: Mobil Angkutan Kota Nyaris Dilalap Si Jago Merah

"Serta lembaga yang kiranya dapat menjadi pendukung kita untuk melakukan berbagai perbaikan terkait dengan pengembangan program studi Ilmu Komunikasi," ujarnya.

Tempat sama, mantan ketua Aspikom wilayah Sulawesi Tenggara sekaligus Dekan Fisip UHO Kendari, Dr. La Tarifu mengatakan bahwa pelantikan pengurus Aspikom itu merupakan hal yang membahagiakan bagi dunia kampus.

Dimana hal tersebut sangat diperlukan untuk pengembangan Ilmu Komunikasi khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara, agar bisa maju dan berkembang bersama-sama.

"Dengan menggali semua potensi, baik di internal kampus masing-masing, maupun di eksternal. Karena saya kira kita tidak bisa maju dengan sendiri-sendiri," ungkapnya. (A-Adv)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Musdar

Baca Juga