Kadampi, Camilan Khas Buton Tengah, Masuk Nominasi API Award 2021

Mutarfin, telisik indonesia
Senin, 21 Juni 2021
0 dilihat
Kadampi, Camilan Khas Buton Tengah, Masuk Nominasi API Award 2021
Kadis Pariwisata Buteng, Wujuddin. Foto: Mutarfin/ Telisik

" Keunggulan potensi pariwisata Buton Tengah lagi-lagi memperoleh pengakuan di kancah nasional dengan menjadi nominator di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021. "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Keunggulan potensi pariwisata Buton Tengah lagi-lagi memperoleh pengakuan di kancah nasional dengan menjadi nominator di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021.

Sebelumnya, destinasi Pasir Timbul Bone Labunta menjadi juara ketiga di ajang API Award tahun 2020. Tahun ini Buteng kembali berhasil memperoleh dua nominasi.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Buteng, Wujuddin mengatakan, terdapat beberapa kategori yang diikutkan dalam ajang API Award 2021 ini.

"Hasilnya sangat memuaskan untuk daerah kita, dua di antaranya terpilih sebagai nominator. Dua nominator dari Buton Tengah yaitu Kadampi untuk kategori makanan tradisional dan Maobu Cliff Jumping untuk kategori wisata air," ungkapnya, Senin (21/6/2021).

Ia menambahkan, Maobu Cliff Jumping (MCJ) adalah atraksi yang dapat dilakukan oleh pengunjung Gua Maobu yang ada di Desa Lalibo, Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng).

Baca juga: Pemda Bombana Mulai Berlakukan Program Pekan Vaksinasi COVID-19

Baca juga: Curah Hujan Tinggi, Jalan di Butur Terputus Tertimbun Tanah Longsor

Sedangkan Kadampi adalah sejenis kudapan khas masyarakat Buteng yang terbuat dari parutan singkong yang dikukus serta diberi gula merah.

Wujuddin menuturkan, sama seperti API Award 2020 lalu, tahun ini cara votingnya tetap menggunakan tiga cara yaitu melalui Instagram, YouTube dan SMS.

Masyarakat dapat memberikan vote dengan cara like gambar Kadampi dan Maobu Cliff Jumping (MCJ) di Instagram.

Sedangkan di YouTube, voter dapat menonton video Kadampi dan MCJ sampai selesai dengan durasi 1 menit, like, subscribe dan berkomentar.

Cara ketiga yaitu SMS premium ke 99386 dengan format API 1C untuk Kadampi dan API 8E untuk MCJ. Masa voting mulai 1 Juli 2021 hingga 31 Oktober 2021. (B)

Reporter: Mutarfin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga