adplus-dvertising

Kaki Naga, Ide Bisnis Kekinian Cocok untuk Jualan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 12 Mei 2022
935 dilihat
Kaki Naga, Ide Bisnis Kekinian Cocok untuk Jualan
Kaki naga udang yang siap disantap. Foto: Repro Instagram @maulidesmihorn

" Kaki naga adalah camilan yang terbuat dari daging ayam dan udang kemudian dibalur dengan tepung roti, bisa jadi ide jualan "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjamurnya bisnis kuliner tak sedikit membuat para foodpreneur memutar otak mencari ide bisnis untuk jualan. Salah satu menu yang dapat dijadikan sebagai ide bisnis adalah kaki naga.

Dilansir dari Kompas.com, kaki naga adalah camilan yang terbuat dari daging ayam dan udang kemudian dibalur dengan tepung roti. Makanan ringan ini disukai anak-anak, sehingga cocok dijadikan stok makanan beku.

Kaki naga dapat terbuat dari daging ayam, daging sapi, ataupun daging ikan tergantung dari selera Anda. Selain itu, resep kaki naga juga terbilang sederhana dan bahan baku yang mudah didapatkan juga harga yang terjangkau.


Dikutip dari idntimes.com, berikut resep dan cara pembuatan kaki naga udang.

Bahan utama:

265 gram udang 

4 sdm tepung sagu

1 butir telur

1/2 sdt lada bubuk

2 sdt saus tiram

2 sdt gula pasir

1/2 sdt garam

1 sdt minyak wijen

1 batang daun bawang, iris halus

50 gr wortel kupas, cincang

Bahan pelengkap:

stik es krim ukuran besar secukupnya

minyak goreng secukupnya

Bahan pelapis:

1 butir telur, kocok lepas

tepung roti secukupnya

Baca Juga: Bosan Model Bulat? Yuk, Cobain Nastar Kekinian dengan Beragam Bentuk

Cara membuat:

1. Bersihkan kulit dan kepala udang

Pertama, siapkan udang yang ingin dibersihkan, lalu mulailah membuang bagian kepala terlebih dahulu. Bagian inilah yang memiliki kandungan kolesterol paling tinggi. 

Selanjutnya, kupas kulit dengan gunting. Lakukan pada bagian punggung atas hingga ke bagian ekor, lalu buang kulit dan ekornya. Cuci bersih dengan air mengalir dan sisihkan.

2. Haluskan udang dan bahan lainnya

Siapkan food processor atau chopper. Masukkan udang yang sudah dibersihkan, tepung sagu, telur, lada bubuk, kaldu bubuk, saus tiram, gula pasir, garam, dan minyak wijen kedalam food processor.

Proses hingga semua bahan halus, lalu tuang ke dalam wadah. Tambahkan irisan daun bawang dan irisan wortel, aduk kembali hingga tercampur rata.

3. Bentuk lalu rebus adonan

Tuang sedikit minyak ke tangan agar saat membentuk adonan tidak lengket. Ambil sedikit adonan, lalu bulatkan adonan dan beri stik es krim. Ulangi hingga semua adonan habis.

Selanjutnya, panaskan air di panci dan beri sedikit minyak goreng agar adonan tidak lengket. Masukkan adonan kaki naga ke air mendidih. Masak hingga matang, lalu angkat dan tiriskan.

Baca Juga: Resep Kue Kering Lebaran Tanpa Oven, Hemat Biaya hanya 3 Bahan

4. Goreng kaki naga udang

Siapkan dua wadah. Wadah pertama untuk telur yang sudah dikocok, sedangkan wadah kedua berisi tepung roti. Celupkan adonan kaki naga ke dalam telur. Angkat, lalu baluri tepung roti. Diamkan adonan yang telah diberi tepung roti selama kurang lebih satu jam di lemari es.

Selanjutnya, letakkan wajan di atas kompor dan beri minyak untuk menggoreng. Goreng kaki naga udang dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Untuk lebih nikmat sajikan dengan saus tomat dan mayones. (C)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga