Kampanye Akbar AMIN di JIS Dihadiri Jutaan Peserta, Anies: Tak Dapat Tiket Tetap Bisa Hadir

Mustaqim, telisik indonesia
Kamis, 08 Februari 2024
0 dilihat
Kampanye Akbar AMIN di JIS Dihadiri Jutaan Peserta, Anies: Tak Dapat Tiket Tetap Bisa Hadir
Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, saat melayani permintaan foto bareng para simpatisan usai debat kelima capres di Jakarta Convention Center, Senayan, Minggu (4/2/2024). Foto: Mustaqim/Telisik

" Kampanye akbar pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN), pada Sabtu (10/2/2024) akan dilaksanakan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara "

JAKARTA, TELISIK.ID – Kampanye akbar pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN), pada Sabtu (10/2/2024) akan dilaksanakan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Kampanye tersebut merupakan kampanye pamungkas dari seluruh tahapan kampanye Pemilu 2024.

Tim Nasional Pemenangan (Timnas) AMIN memastikan kampanye akbar ini akan dihadiri jutaan orang pendukung maupun simpatisan.

Kepastian itu diperoleh setelah Timnas AMIN mengetahui pendaftar tiket kampanye akbar di JIS nanti sudah diakses oleh 15 juta pengunjung.

Baca Juga: JK Ingatkan Jokowi Tak Politisasi Bansos, Pemerintah Janji Hentikan Penyaluran hingga Pemilu 2024

“(Masyarakat yang mengunjungi link pendaftaran) Sudah 15 juta, itu menunjukkan animo masyarakat ini ingin hadir di JIS,” ujar Kapten Timnas AMIN, Syaugi Alaydrus, di Rumah Perubahan AMIN, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2024).

Membandingkan jumlah masyarakat yang akan hadir dengan kapasitas JIS yang hanya 82.000 hingga 92.000 orang, Syaugi mengimbau masyarakat tidak perlu ragu untuk datang.  

“Enggak usah khawatir, kalau enggak bisa masuk, enggak dapat tiket datang saja. Pak Anies bilang datang pasti akan dilayani masuk selama tempat itu memungkinkan. Kalau sudah 92.000 ya kita kan ada di luar JIS,” kata Syaugi.

Masyarakat yang belum mendapat kesempatan untuk masuk ke JIS, mereka masih bisa menyaksikan orasi Anies-Cak Imin melalui tiga layar lebar yang terpasang di luar JIS. Syaugi meminta masyarakat yang sudah memiliki tiket maupun yang belum untuk datang lebih pagi.

Tiket yang disediakan melalui link goers.co/kumpulakbar hanya sebagai manajemen massa untuk mengetahui minat Masyarakat dan memberikan kesempatan memilih tempat duduk.

“Pemegang tiket diberikan kesempatan untuk masuk stadion lebih awal dan dibatasi hingga pukul 06:30 WIB,” jelas mantan pilot Jet tempur bintang dua ini.

Mengetahui animo besar masyarakat untuk hadir ke JIS pada kampanye akbar AMIN, Anies mengaku terkejut karena situs tiket kampanye penutupnya itu telah diakses 3,5 juta kali. Dia membandingkan jumlah tersebut mengalahkan pemesanan tiket konser band Coldplay.

“Saya terkejut sekali ketika dengar kabar bahwa situs tiketnya diakses sampai lebih dari 3,5 juta kali dalam waktu beberapa puluh menit saja. Ini mengalahkan pemesanan tiket Coldplay,” tutur Anies di video akun instagramnya, Kamis (8/2/2024).

Anies memaklumi minat besar masyarakat untuk hadir langsung ke JIS sehingga banyak yang tidak kebagian tiket. Meski begitu, dia pun mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir.

Anies mengatakan, tiket hanya untuk mendapatkan tempat duduk lebih awal dan bukan sebagai tanda boleh ikut kampanye atau tidak.

“Jadi jangan sampai kita dengar ada yang mau beli tiket. Enggak usah. Datang saja dan ruangnya masih banyak sekali. Masih banyak area untuk ikuti acara ini baik di dalam maupun di luar stadion,” imbau mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Masyarakat yang akan menghadiri kampanye akbar AMIN diminta membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Anies menyatakan bangga kampanye akbar ini dikelola oleh rakyat biasa dan bukan panitia yang disewa.

“Jangan sampai hal-hal kecil mengalihkan perhatian kita dan semangat kita dalam memperjuangkan perubahan,” harap Anies.

Platform pemesanan tiket hiburan, Goers, sebelumnya mencatat pemesan tiket Kumpul Akbar Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) melonjak hingga 3,5 juta dalam hitungan menit saat pemesanan tiket dibuka.

Angka peminat tiket itu mengalahkan war ticket grup musik asal Inggris, Coldplay.

Ketika pemesanan tiket baru dibuka pada Rabu (7/2/2024) pukul 11:11 WIB, dalam hitungan menit sudah ada sekitar 3,5 juta pengunjung. Akibatnya, laman Goers harus menampung daftar tunggu hingga 4 jam.

“Ini rekor melebihi saat penjualan war ticket atau konser lainnya,” jelas Co-founder Goers, Niki, di Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Niki membandingkan laman platform penyedia tiket, Loket.com. Ketika itu Loket.com hanya melayani 1,5 juta pemesan di sesi awal untuk konser grup band asal Inggris, Coldplay.

Kampanye akbar AMIN yang bakal dihadiri jutaan peserta di JIS ini memaksa kepolisian untuk menyiapkan pengamanan yang lebih ekstra. Termasuk memperhitungkan lokasi parkir kendaraan para peserta.

Setidaknya ada tiga lokasi parkir yang representatif di sekitar JIS yang disiapkan, yakni di Ancol Karnaval, samping Wisma Atlet, dan JIexpo Kemayoran.

Tiga lokasi parkir ini bisa menampung total 10.450 kendaraan roda empat dan 20 ribu kendaraan roda dua.

“Rinciannya area parkir Ancol Karnaval menampung 1.200 kendaraan roda empat, di samping Wisma Atlet 1.250 kendaraan roda empat, dan untuk di JIexpo bisa menampung 8 ribu kendaraan roda empat dan 20 ribu kendaraan roda dua,” ungkap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, Kamis (8/2/2024).

Polda Metro Jaya merencanakan melibatkan 230 personel yang akan mengatur arus lalu lintas di sekitar JIS.

“Kami imbau kepada masyarakat yang tak berkepentingan untuk menghindari kawasan JIS pada Sabtu (10 Februari),” imbau Latif.

Selain pasangan AMIN yang melakukan kampanye akbar pada Sabtu (10/2/2024), capres-cawapres lainnya juga melakukan kampanye yang sama di lokasi berbeda.

Prabowo -Gibran direncanakan berkampanye di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, sedangkan Ganjar-Mahfud akan berkampanye di Solo, Jawa Tengah.

Berikut rekayasa arus lalu lintas yang akan diterapkan di kawasan JIS pada Sabtu (10/2/2024):

1. Kendaraan dari Jalan RE Martadinara khusus kendaraan penghuni pemukiman dan pengunjung JIS, kendaraan lurus ke Bintang Mas.

Baca Juga: Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Malaysia 11 Februari, Surat Suara Tercoblos Ganjar-Mahfud dan Caleg PKB

2. Kendaraan sumbu tiga atau lebih dari arah Polair belok kiri ke arah Jalan Enggano Raya.

3. Kendaraan sumbu tiga atau lebih dari arah Jalan Yos Sudarso ke Pluit diputarbalikkan di pertigaan terminal dan kembali ke Yos Sudarso.

4. Kendaraan dari arah Tol Papanggo di pertigaan Papanggo khusus penghubung pemukiman dan pengunjung JIS.

5. Kendaraan di perempatan Bisma khusus penghuni pemukiman dan pengunjung JIS.

6. Kendaraan di perempatan Setivia khusus penghuni dan pengunjung JIS. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga