adplus-dvertising

Kapal Dharma Kencana I Buka Akses Wisatawan ke Pulau Kabaena

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 07 April 2021
1394 dilihat
Kapal Dharma Kencana I Buka Akses Wisatawan ke Pulau Kabaena
Sekretaris Daerah Bombana, Man Arfa saat menyerakan plakat kepada Dharma Kencana I, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Bombana. Foto: Hir Abrianto/Telisik

" Dengan adanya televisi sebagai fasilitas promosi di kapal feri baru ini, yang menampilkan siaran tempat-tempat wisata di Kabaena, maka akan memungkinkan masuknya wisatawan dari luar. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Kabupaten Bombana memiliki destinasi wisata andalan yang tersebar di Pulau Kabaena.

Kepala Dinas Pariwisata Bombana, Janariyah saat dikonfirmasi mengatakan, hadirnya kapal Dharma Kencana I akan semakin membuka akses bagi wisatawan untuk mengunjungi Pulau Kabaena.

Kapal Dharma Kencana I juga bisa menjadi ajang promosi dengan menampilkan siaran mengenai potensi wisata Pulau Kabaena di televisi yang ada di dalam kapal.


Destinasi wisata yang menjadi andalan Kabaena di antaranya adalah Permandian Air Terjun Tondopano, Tangkeno Negeri di Awan, Pulau Sagori, Goa Batuburi dan Gunung Batu Sangia.

"Dengan adanya televisi sebagai fasilitas promosi di kapal feri baru ini, yang menampilkan siaran tempat-tempat wisata di Kabaena, maka akan memungkinkan masuknya wisatawan dari luar," ujarnya kepada Telisik.id, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Gelombang Pasang di Manggarai Lumpuhkan Aktivitas Nelayan

Dikatakan, Festival Tangkeno yang sudah dilaksanakan bertahun-tahun, seharusnya menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi pulau ini. Namun menurut mantan Camat Kabaena Timur ini, alat transportasi laut kerap menjadi kendala sehingga pengunjung sangat minim.

"Festival Tangkeno sudah rutin digelar tapi kita selalu terkendala di penyeberangan laut. Padahal festival ini sudah menjadi agenda tahunan kita, dan harusnya menjadi salah satu daya tarik wisatawan," pungkasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Bombana, Man Arfa. Sebagai putra Kabaena, Ia beranggapan bahwa perayaan ulang tahun Bombana dan Festival Tangkeno akan lebih  mudah dijangkau oleh masyarakat di luar Kabaena setelah hadirnya Kapal Dharma Kencana I.

"Kabaena akan mudah dijangkau. Jadi potensi wisata juga harus berkembang," pungkasnya saat itu.

Diberitakan sebelumnya, KMP Dharma Kencana I resmi beroperasi melayani rute Tondasi-Kasipute-Pising (Kabaena) setelah serah terima dari PT. Dharma Dwipa Utama dengan Pemerintah Kabupaten Bombana di Pelabuhan Feri Kasipute, Senin (5/4/2021).

Kehadiran transportasi modern ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan program Presiden Joko Widodo, yakni Program Tol Laut untuk memudahkan layanan masyarakat menghubungkan pulau satu dengan pulau lainnya. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga