Kapal Rakyat Q Express Alami Bocor di Laut Buton Selatan, 36 Penumpang Selamat

Riksan Jaya, telisik indonesia
Jumat, 17 Mei 2024
0 dilihat
Kapal Rakyat Q Express Alami Bocor di Laut Buton Selatan, 36 Penumpang Selamat
Proses evakuasi penumpang kapal Q Express. Foto: Ist.

" Kapal Rakyat (KR) Q Express yang membawa penumpang mengalami kebocoran pada haluan kapal di sekitar perairan Batu Atas, Buton Selatan, Kamis (16/5/2024), sekitar pukul 10:00 Wita "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Kapal Rakyat (KR) Q Express yang membawa penumpang mengalami kebocoran pada haluan kapal di sekitar perairan Batu Atas, Buton Selatan, Kamis (16/5/2024), sekitar pukul 10:00 Wita.

Beruntung, seluruh penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat dalam operasi SAR yang dilakukan oleh Tim Rescue Pos SAR Baubau.

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari, Muhamad Arafah, kronologi kejadian bermula ketika salah seorang penumpang menghubungi petugas Siaga SAR untuk meminta bantuan evakuasi karena kapal mengalami kebocoran.

Setelah menerima laporan tersebut, Tim Rescue Pos SAR Baubau langsung diberangkatkan menuju lokasi kejadian (LKP) pada pukul 11:40 Wita.

Jarak LKP dengan Pelabuhan Murhum Baubau sekitar 26,7 Nautical Mile (NM) dengan kondisi cuaca berawan, kecepatan angin 26 KM/Jam, dan arah angin Timur ke Barat.

Baca Juga: Penumpang KM Agil Pratama 04 Rute Raha-Kendari Mengeluh 3 Jam Kapal Belum Jalan dari Jadwal

Tim Rescue menemukan kapal tersebut sekitar 10,86 NM arah Utara Barat Laut dari LKP pada pukul 12:17 Wita dan langsung mendampinginya ke perairan Desa Masri untuk mencari tempat yang aman untuk perpindahan penumpang. Kapal dan seluruh penumpang tiba di Desa Masri pada pukul 13:36 Wita.

Selanjutnya, pada pukul 14:30 Wita, seluruh penumpang diangkut dengan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) dari Kapal Q Express ke RB 210 yang membawa 30 orang penumpang menuju pelabuhan Pulau Batu Atas, sekitar 35 NM dari perairan Desa Masri.

Baca Juga: Penumpang Kapal Cepat Membludak, Rela Duduk Melantai

Sedangkan enam orang Anak Buah Kapal (ABK) tetap berada di kapal untuk melakukan perbaikan.

RB 210 tiba di perairan Pulau Batu Atas pada pukul 17:15 Wita. Mengingat kondisi gelombang yang tidak memungkinkan untuk sandar di pelabuhan, 30 orang penumpang dijemput dengan menggunakan 4 buah longboat untuk dibawa ke darat.

Dengan telah dievakuasinya seluruh penumpang dalam keadaan selamat, operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup pada pukul 17:30 Wita. (C)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga