Kapolres Buton Mediasi 2 Desa Pasca Pengrusakan Rumah Makan

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Kamis, 19 Agustus 2021
0 dilihat
Kapolres Buton Mediasi 2 Desa Pasca Pengrusakan Rumah Makan
Kapolres Buton melakukan mediasi pasca insiden pengrusakan sebuah rumah makan. Foto: Humas Polres Buton

" Diketahui insiden pengrusakan tersebut melibatkan dua desa di Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton yaitu Desa Sampuabalo dan Desa Gunung Jaya. "

BUTON, TELISIK.ID - Pasca insiden pengrusakan sebuah bangunan rumah makan di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina oleh orang tak dikenal (OTK), Polres Buton bergerak cepat memediasi kedua pihak yang terlibat.

Diketahui insiden pengrusakan tersebut melibatkan dua desa di Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton yaitu Desa Sampuabalo dan Desa Gunung Jaya.

Dalam insiden tersebut sempat terjadi pemblokiran jalan menuju Sampuabalo pasca insiden pengrusakan warung di Desa Gunung Jaya.

“Yang melakukan  belum diketahui siapa dan orang mana, masih dalam status orang tak dikenal. Oleh sebab itu saya mengimbau kedua belah pihak jangan dulu saling menuduh karena belum jelas sumber kebenarannya,” jelas Kapolres Buton, AKBP Gunarko saat melakukan mediasi di Mapolsek Sampuabalo, Kamis (19/8/2021).

Kejadian tersebut kata AKPB Gunarko, sama-sama tidak kita inginkan. Namun kedua belah pihak jangan gegabah dan main hakim sediri dalam bertindak. Pihak kepolisian sedang melakukan upaya mengidentifikasi kejadian tersebut.

Baca juga: Kader PKB Jatim Wajib Jadi Orang Tua Asuh Anak yang Jadi Yatim Piatu Akibat COVID-19

Baca juga: Lindungi Warga dari COVID-19, Pemda Gandeng Polres Bombana Inisiasi Program Laicamo Care

“Serahkan sepenuhnya kejadian tersebut kepada pihak kepolisian. Anggota kami sedang dalam proses penyelidikan terkait insiden tersebut. Namun kami juga membutuhkan bantuan dari kedua belah pihak untuk informasinya. Insya Allah informasi yang bapak-bapak berikan akan mempermudah kami dalam proses penyelidikan terkait oknum tersebut,” tuturnya.

Dalam mediasi tersebut, Kapolres Buton juga memberikan bantuan kepada pihak Desa Gunung Jaya melalui Kepada Desa Gunung Jaya terkait pengrusakan bangunan yang dilakukan oleh oknum atau OTK. Juga akan mendirikan tenda di lokasi tersebut sehingga pihak TNI Polri akan memberikan pengamanan untuk kedua belah pihak.

Untuk sementara, situasi di Desa Gunung Jaya dan Desa Sampuabalo Kecamatan Siotapina Kabupaten Buton masih aman dan kondusif. Pihak TNI Polri tengah bersiaga di lokasi tersebut.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Telisik.id, kejadian pengrusakan tersebut terjadi pada Kamis dini hari (19/8/2021) sekitar pukul 03.00 Wita.

Pelaku merusak fasilitas daun pintu dan meja, serta beberapa perabotan warung makan, serta melempari rumah warga lainnya di Desa Gunung Jaya. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga