Kasus Positif COVID-19 Cluster Gowa di Kolaka Utara Kembali Bertambah

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 09 Mei 2020
0 dilihat
Kasus Positif COVID-19 Cluster Gowa di Kolaka Utara Kembali Bertambah
Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kolaka Utara, dr. Syarif Nur Ramly. Foto: Ist.

" Pasien yang terkonfirmasi positif itu berjenis laki-laki dan masih berkaitan dengan cluster ijitima ulama di Pakatto, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pasien positif COVID-19 di Kolaka Utara kembali bertambah satu orang. Satu pasien baru terkonfirmasi positif merupakan cluster ijitima ulama di Pakatto Kabupaten Gowa beberapa bulan lalu.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kolaka Utara, dr. Syarif Nur Ramly  mengungkapkan, satu pasien baru berjenis kelamin laki-laki usia 43 tahun ini, masih terkait dengan cluster Ijtima Ulama Gowa.

"Pasien yang terkonfirmasi positif itu berjenis laki-laki dan masih berkaitan dengan cluster ijitima ulama di Pakatto, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan," kata dr. Syarif saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Sabtu (9/5/2020).

Dikatakannya, pasien positif baru tersebut kini telah menjalani karantina di ruang isolasi Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Djafar Harun Kolaka Utara.

Baca juga: Komisi II DPR Minta Pemerintah Bongkar Kasus KTP Palsu di Sultra

"Kondisi pasien terkonfirmasi enam, dalam keadaan baik dan kini telah dilakukan penelusuran terkait dengan  orang yang melakukan kontak erat dengan kasus positif enam," jelasnya.

Untuk kasus lama yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak lima orang. Sedang menjalani perawatan empat orang, satu orang dinyatakan sembuh dan satu kasus baru.

"Hari ini di Rumah Sakit Umum Djafar Harun Kolaka Utara telah merawat tiga kasus pasien positif COVID-19 dan semua dalam keadaan baik. Kami akan memberikan perawatan maksimal agar pasien-pasien tersebut cepat sembuh dan kembali beraktivitas seperti sedia kala," terangnya.

Sedangkan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 172 orang, 168 orang diantaranya sudah dinyatakan selesai dan empat orang masih berstatus ODP.

Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sampai dengan saat ini berjumlah lima orang, tiga diantaranya sudah dinyatakan sembuh, satu orang masih dipantau dan satu orang dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga: Begini Cara Jaga Kesehatan Pernapasan Agar Terhindar COVID-19

Untuk kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 62 orang, 57 orang diantaranya menjalani pemantauan dan lima orang telah menjalani pemantauan.  

Terkait dengan adanya kasus positif COVID-19 baru, Direktur BLUD RS Djafar Harun  kembali meminta kepada masyarakat untuk tidak panik, namun tetap menaati semua imbauan pemerintah dalam memutus rantai penularan COVID-19 di Kolaka Utara.

Direktur Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Djafar Harun ini juga meminta kepada masyarakat Kolaka Utara, jika merasa pernah melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif agar secara sadar melakukan pemeriksaan diri dan memberikan informasi-informasi yang jujur.

"Sehingga memudahkan kami melakukan pelacakan dan pengobatan," pintanya.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Sumarlin

Baca Juga