Kejari Muna Melakukan Sidak Barang Impor 'Berbaju' Indonesia

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 30 Maret 2022
0 dilihat
Kejari Muna Melakukan Sidak Barang Impor 'Berbaju' Indonesia
Kajari Muna, Agustinus Baka Tangdililing bersama Kasatpol PP, Bahtiar Baratu mengecek barang-barang impor di toko. Foto : Sunaryo/Telisik

" Kejari Muna melakukan operasi intelijen terkait peredaran produk impor dengan label produk lokal (dalam negeri) "

MUNA, TELISIK.ID - Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna, Rabu (30/3/2022) melakukan operasi intelijen terkait peredaran produk impor dengan label produk lokal (dalam negeri).

Tim yang dipimpin Kajari Muna, Agustinus Baka Tangdililing bersama Kasi Intelijen, Fery Febrianto, Kasi Pidsus, Sahrir yang didampingi Kasatpol PP, Bahtiar Baratu dan Kabid Pengembangan Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdagin), Umin menyasar Toko Iwan Jaya, Sumber Makmur, MGM dan Koperasi Bima Sakti.

Dari hasil operasi banyak barang impor 'berbaju' (label) lokal Indonesia yang diperdagangkan. Adalah teh asal Thailand dengan merk Cha Tramue, pewarna kulit Neha Fast Colour, sabun cuci piring Liqous, rokok merek Gress, Live Bold,  E Ideal, Gudang Cengkeh, minyak goreng merk Letizia dan minyak goreng merk Dunia.

Agustinus menerangkan, operasi intelijen itu, berdasakan intruksi dari Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin untuk mendukung kebijakan Presiden, Joko Widodo dalam penggunaan produk dalam negeri.

Dalam operasi itu, barang impor yang ditemukan terindikasi tidak terdaftar pada Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta banyak yang kadaluarsa.

Baca Juga: Polisi Bentuk Tim Awasi Penyimpangan Penyaluran Solar Bersubsidi

"Barangnya, ada yang hanya dicantumkan BPOM tetapi ditempel pada kertas kemasan dan barcodenya kosong," ungkapnya.

Atas temuan barang-barang luar negeri itu, korps Adhyaksa itu langsung berkoordinasi dengan instansi terkait untuk ditindaklanjuti.

"Kita sudah koordinasi dengan instansi terkait untuk dipastikan keabasahannya," ujarnya.

Kabid Pengembangan Perdagangan Disperdagin Muna, Umin mengaku, dengan banyaknya temuan itu, pihaknya akan segera berkoordinsi dengan BPOM.

Baca Juga: Mulai Sekarang Buton Utara Nol Kasus COVID-19

"Insya Allah besok (Kamis), kita sampaikan ke BPOM, sehingga kita bisa turun mengecek bersama-sama," ujarnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Muna, Bahtiar Baratu menerangkan, anggotanya terlibat dalam operasi itu hanya untuk memback up.

Ke depan, pihaknya tetap akan berkerja sama dengan aparat penegak hukum (APH) dan Disperdagin untuk melakukan operasi terhadap barang-barang kebutuhan pokok maupun produk luar negeri. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga