Kenali Digital Parenting dan Tips Didik Anak agar Cerdas dan Mandiri

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 09 Juni 2023
0 dilihat
Kenali Digital Parenting dan Tips Didik Anak agar Cerdas dan Mandiri
Perkembangan teknologi yang kian pesat menunjukkan, dunia telah memasuki era digital. Perlunya digital parenting dalam mendidik anak di era saat ini. Foto: Kompas.com

" Perkembangan teknologi yang kian pesat menunjukkan bahwa dunia telah memasuki era baru, yaitu era digital. Informasi saat ini dengan mudah didapat serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital yang terhubung dengan internet "

KENDARI, TELISIK.ID - Perkembangan teknologi yang kian pesat menunjukkan bahwa dunia telah memasuki era baru, yaitu era digital. Informasi saat ini dengan mudah didapat serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital yang terhubung dengan internet.

Anak-anak generasi masa kini merupakan generasi digital native, dimana mereka telah mengenal media elektronik dan digital sejak lahir. 

Mengutip Kompas.com, digital parenting sendiri merupakan pola asuh inovatif di era serbadigital. Dengan digital parenting, orangtua memberikan pengetahuan kepada anak tentang batasan-batasan penggunaan HP dan teknologi digital.

Baca Juga: Tips Hadapi Anak Tantrum

Berikut tips menerapkan digital parenting yang bisa Anda tiru, di antaranya:

1. Hindarkan anak dari mengakses konten yang tak sesuai ajaran moral

Sebagai orangtua, Anda memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk moralitas anak. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan pengetahuan kepada anak terkait konten apa saja yang tidak boleh diakses karena tidak sesuai dengan nilai moral, seperti kekerasan, bahasa kasar, seksual, atau kebencian dari jangkauan anak.

Dengan memberikan pemahaman, Anda pun secara langsung menghindarkan anak paparan konten negatif. Jangan lupa, selalu awasi anak saat mereka mengakses HP. Saat mereka tiba-tiba mengakses konten negatif, segera beri pemahaman kenapa konten yang sedang mereka buka tidak baik bagi anak.

2. Batasi screen time si kecil

Dilansir dari Nutriclub.co.id, cara lain yang perlu Anda tempuh untuk menjaga dan mendidik anak di era digital adalah dengan membatasi screen time. Screen time adalah waktu yang digunakan untuk menggunakan komputer, menonton televisi, atau bermain video games.

Menurut para ahli, screen time sebaiknya tidak lebih dari 2 jam per hari untuk anak yang berusia lebih dari 2 tahun. Semakin banyak waktu yang dihabiskan anak di dunia maya, semakin besar pula peluang untuk terpapar materi yang tidak sesuai usia.

Ataupun mengalami perlakuan salah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Waktu luang lebih baik digunakan untuk bergaul dengan teman sebaya maupun melakukan berbagai aktivitas

3. Menggunakan perangkat digital secara bijaksana

Mendidik anak di era digital membuat para orang tua sebaiknya meletakan komputer maupun gadget di tempat yang mudah dipantau, misalnya di ruang keluarga atau ruang makan. Selain itu, mengajarkan anak di era digital juga bisa lakukan dengan memantau materi apa saja yang Si kecil akses di internet.

Baca Juga: Tips Diet Air Putih, Cara Mudah dan Cepat Kurus

4. Gunakan aplikasi parental control untuk batasi akses digital anak

Tak sekadar memberikan pemahaman, orangtua juga dapat melakukan langkah preventif dengan menggunakan aplikasi parental control. Aplikasi itu dapat membatasi, menyaring, dan memantau aktivitas anak dalam mengakses konten digital melalui HP.

Manfaatkan game edukasi pada dasarnya, bermain adalah aktivitas alami yang disukai anak. Hal ini bisa Anda gunakan sebagai sarana belajar. Agar anak mendapatkan manfaat optimal dari penggunaan perangkat digital, terutama dari segi pembelajaran, Anda bisa mengajaknya bermain game edukasi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga