Ketinggian Dua Tower di Sekitar Area Bandara Kolut Bakal Dipangkas

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 25 Agustus 2021
0 dilihat
Ketinggian Dua Tower di Sekitar Area Bandara Kolut Bakal Dipangkas
Menara pemancar Telekomunikasi di Desa Awo, Kecamatan Kodeoha. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Pertemuan tersebut bertujuan untuk menyampaikan keinginan Pemda Kolut terkait penurunan ketinggian dua menara pemancar yang dibangun tidak jauh dari area Bandara. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemkab Kolaka Utara (Kolut) terus menggenjot pembangunan Bandar Udara (Bandara) yang terletak di Desa Kalu-kaluku dan Lametuna, Kecamatan Kodeoha, Kolut.

Selain pemetaan lokasi, pembuatan talud, dan pemasangan tiang pancang. Dalam waktu dekat ini, Pemkab Kolut melalui Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfo) akan menemui langsung provider dua menara pemancar (tower) milik perusahaan Telkomsel dan Indosat di Makassar.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Kolut, Rahman, pertemuan tersebut bertujuan untuk menyampaikan keinginan Pemda Kolut terkait penurunan ketinggian dua menara pemancar yang dibangun tidak jauh dari area Bandara.

"Paling lambat awal September 2021 saya sudah ke Makassar, membawa berkas ke provider menara pemancar Telkomsel dan Indosat terkait penurunan ketinggian dua tower yang dekat dari lokasi Bandara," katanya, Rabu (25/8/2021).

Baca juga: Kajari Muna Fokus Tangani Kasus dan Baksos

Baca juga: Pemda Buteng Tinjau Jalan Hotmix, Warga Sambut Gembira

Dua menara pemancar yang akan dipangkas ketinggiannya yakni tower milik Telkomsel di Kelurahan Mala-mala, Kecamatan Kodeoha dari  ketinggian 73 meter akan diturunkan menjadi 43 meter.

"Kemudian tower milik Indosat di Desa Awo, Kecamatan Kodeoha, dari ketinggian 73 meter diturunkan sekitar 24,50 meter, sehingga tersisa 48,50 meter," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kolut, Ir. Djunus mengungkapkan, dua menara tersebut berada tidak jauh dari lokasi Bandara dan kedepannya dapat membahayakan pesawat ketika melakukan take off dan landing.

"Jadi ini merupakan salah satu langkah Pemkab Kolut untuk mengantisipasi jika 2022 kita mendapat anggaran dari pusat untuk pembangunan landas pacu," jelasnya.

Kalau itu terealisasi, maka pada 2023 Pemkab Kolut sudah bisa melakukan pendaratan perdana dengan catatan terminal bandara disederhanakan dan area Bandara dipagari sehingga safety. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga