Ketua AMSI Jabar Jadi Narasumber Pelatihan Jurnalistik Telisik.id

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 10 September 2020
0 dilihat
Ketua AMSI Jabar Jadi Narasumber Pelatihan Jurnalistik Telisik.id
Rahim Asyik Fajar Awanto, Direktur Pemberitaan Ayobandung.com. Foto: Ist.

" Pelatihan ini penting kita laksanakan untuk meminimalisir adanya penyebaran informasi bohong dan menjamurnya media abal-abal. "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu narasumber yang akan mengisi pelatihan jurnalistik Telisik.id pada 26 September, yakni Rahim Asyik Fajar Awanto. Ia adalah ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Di waktu yang sama, selain sebagai ketua AMSI Jabar periode 2017-2020, Rahim juga menempati jabatan penting lainnya, seperti anggota Komisi Pendidikan dan Pelatihan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat periode 2018-2023.

Selain itu, Rahim juga mendapatkan amanah untuk menempati posisi sebagai ketua Divisi Informasi dan Komunikasi Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Jabar periode 2017-2022 dan pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) periode 2018-2022. Ia juga pernah menjadi ketua Forum Bahasa Media Massa (FBMM) Jabar Periode 2013-2015.

Pengalamannya di bidang jurnalistik cukup mumpuni dan dapat diandalkan. Bagaimana tidak, Rahim sudah bergelut di media sejak 1995 sebagai wartawan Harian Umum Pikiran Rakyat, Bandung. Karena kinerjanya yang baik, ia pun diangkat menjadi Pemimpin Redaksi di media yang sama (2016-2018).

Ia juga dipercaya oleh berbagai penulis buku untuk mengedit naskahnya, bahkan saat ini sudah puluhan buku yang disuntingnya. Termasuk menjadi tim penulis lima judul buku.

Sejak 2018, Rahim menduduki posisi penting yaitu Direktur Produksi dan Pemberitaan Ayo Media Network hingga sekarang.

Baca juga: Didik Supriyanto Hadir Seminar Pilkada Telisik.id

Ketua Panitia Seminar Pilkada 2020 dan Pelatihan Jurnalistik Online, Haidir Muhari mengatakan, pelatihan jurnalistik online ini merupakan wadah untuk menajamkan kompetensi jurnalistik berbasis media online.

Apalagi, kata dia, pengguna internet saat ini mengalami peningkatan signifikan termasuk kebanyakan orang telah memanfaatkan internet untuk membaca berbagai berita dan informasi.

Maka, kehadiran Rahim Asyik diharapkan bisa memberikan wawasan teknik bagi peserta, sehingga menambah pengetahuan dan pengalaman di bidang penulisan serta manajemen media online.

"Pelatihan ini penting kita laksanakan untuk meminimalisir adanya penyebaran informasi bohong dan menjamurnya media abal-abal," jelasnya.

Untuk diketahui, seminar dan pelatihan Telisik.id ini juga menghadirkan pembicara asal Jakarta, yakni Didik Supriyanto, Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu RI, dan Suwarjono sebagai Pemimpin Redaksi Suara.com. Kegiatan akbar tersebut dihelat pada Sabtu 26 September 2020 di Hotel Claro Kendari.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: M Nasir Idris

TAG:
Baca Juga