Ketua Desk Pilkades Muna Melemah Soal PSU Desa Parigi

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 29 Desember 2022
0 dilihat
Ketua Desk Pilkades Muna Melemah Soal PSU Desa Parigi
Bupati Muna, LM Rusman Emba melantik 123 kades hasil pilkades serentak. Foto: Sunaryo/Telisik

" Ketua Desk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Muna, Rustam mulai melemah terkait persoalan pemungutan suara ulang (PSU) Desa Parigi "

MUNA, TELISIK.ID - Ketua Desk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Muna, Rustam mulai melemah terkait persoalan pemungutan suara ulang (PSU) Desa Parigi.

Rustam yang awalnya ngotot akan kembali melanjutkan PSU yang sempat terhenti akibat terjadinya kericuhan di TPS, pada Rabu (28/12/2022), mulai menyerahkan keputusan pada Bupati Muna, LM Rusman Emba.

"Kita kembalikan ke pimpinan. Apa yang menjadi keputusannya, harus kita ikuti," kata Rustam, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga: Pria Berusia 29 Tahun Ini Didukung Ibu dan Istrinya Ikut Pemilihan DPD RI

Baca Juga: Guru Madrasah Ramaikan Kontestasi Bakal Calon DPD RI, Target 500 Ribu Suara

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, dari 124 desa, kades terpilih yang dilantik hanya 123. Khusus Desa Parigi yang PSU-nya terhenti, masih akan dikaji bersama aparat keamanan.

Namun, sudah hampir dipastikan, PSU di Desa Parigi tidak akan dilanjutkan dan pemilihan pada 24 November lalu dianggap batal. Sehingga, untuk mengisi kekosongan jabatan, akan ditunjuk Pj kades.

"Kita siapkan Camat Parigi sebagai Pj kades. Untuk Pilkades dilaksanakan pada gelombang berikutnya," tandasnya.

Sebelumnya, PSU di Desa Parigi diwarnai kericuhan. Pendukung cakades terpilih pada pemungutan suara 24 November lalu, LM Nusrim menghentikan pelaksanaan PSU di TPS. Mobil yang mengangkut kotak suara pun disandera. Kondisi saat ini, di Parigi sudah mulai kondusif. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga