Ketua DPR RI Perkuat Kemitraan Indonesia-Turki dalam Penemuan Vaksin COVID-19

Marwan Azis, telisik indonesia
Selasa, 04 Agustus 2020
0 dilihat
Ketua DPR RI Perkuat Kemitraan Indonesia-Turki dalam Penemuan Vaksin COVID-19
Ketua DPR RI, Puan Maharani. Foto: Tribunnews

" Kami saling mengucapkan selamat Idul Adha dan ngobrol tentang bagaimana kondisi Indonesia dan Turki, terutama di tengah situasi menghadapi pandemi COVID-19 ini. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tak hanya Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengontak Presiden Turki, Erdogan untuk memperkuat kemitraan kedua negara terutama dalam pengadaan obat dan vaksin COVID-19.

Ketua DPR RI, Puan Maharani juga ikut mengubungi rekan sejawatnya, Ketua Parlemen Turki (Grand National Assembly of Turkey), Mustafa Sentop melalui sambungan telepon.

Puan berharap kerja sama Indonesia-Turki dalam pengadaan obat dan vaksin COVID-19 segera terwujud. Harapan itu disampaikan Puan kepada Ketua Parlemen Turki, Mustafa Sentop.

“Saya mendengar Menteri Ristek dan Teknologi Indonesia sudah berbicara dengan Menteri Teknologi dan Industri Turki membahas pengembangan obat dan vaksin COVID-19. Semoga kerja sama ini berhasil dan kita akan mendapatkan manfaatnya dalam waktu yang tidak lama lagi dalam penemuan obat dan vaksin COVID-19,” kata Puan, Selasa (4/8/2020).

Penanganan COVID-19 kedua negara menjadi salah satu materi pembahasan dalam Courtesy Call antara Puan dan Mustafa Sentop yang berlangsung pada Senin (3/8/2020) kemarin.  

Puan mengharapkan agar parlemen Turki ikut mendorong kerja sama tersebut agar obat dan vaksin COVID-19 segera ditemukan dan diproduksi.

Selain membahas COVID-19, Courtesy Call ini menurut Puan, dalam rangka perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Turki.

Baca juga: Mendagri Sarankan PTM Sekolah Disesuaikan Rekomendasi Gustu

“Kami saling mengucapkan selamat Idul Adha dan ngobrol tentang bagaimana kondisi Indonesia dan Turki, terutama di tengah situasi menghadapi pandemi COVID-19 ini,” tuturnya.

Keduanya menyinggung isu Palestina. Puan menegaskan, Indonesia akan mendukung penuh Palestina di forum internasional.

“Terkait isu Palestina yang akan disampaikan di PBB, tentu saja Indonesia akan tetap mendukung negara Palestina,” ujar politisi PDIP ini.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Parlemen Turki, Mustafa Sentop menyatakan, penghargaan tinggi atas hubungan persahabatan erat Indonesia-Turki.

“Ke depan, kerja sama RI-Turki harus diperkuat di berbagai bidang,” ujar Mustafa Sentop.

Sebelumnya Presiden Jokowi menyambut baik adanya peningkatan kerja sama kedua negara, termasuk kemungkinan kerja sama dalam penanganan pandemi COVID-19.

“Saya memahami, Turki berada dalam tahap lanjut untuk pengembangan vaksin. Saya senang mendengar kedua Menteri Riset dan Teknologi kita telah membahas kemungkinan kerja sama dalam hal ini,” ujarnya kepada Erdogan akhir pekan lalu.

Reporter: Marwan Azis

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga