Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Abdurrahman Shaleh Sebut Sulawesi Tenggara Berkembang Berkat Pendahulu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 06 Mei 2023
0 dilihat
Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Abdurrahman Shaleh Sebut Sulawesi Tenggara Berkembang Berkat Pendahulu
Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh dalam Rapat Paripurna DPRD memperingati HUT ke-59 Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Perkembangan Sulawesi Tenggara hingga saat ini yang terus membaik, mulai dari sisi infrastruktur maupun pemerintahan, tidak terlepas dari para pempimpin pendahulu "

KENDARI, TELISIK.ID - Perkembangan Sulawesi Tenggara hingga saat ini yang terus membaik, mulai dari sisi infrastruktur maupun pemerintahan, tidak terlepas dari para pempimpin pendahulu.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh dalam Rapat Paripurna DPRD memperingati HUT ke-59 Sulawesi Tenggara di Aula Bahteramas pada Kamis lalu (27/4/2023).

Menurutnya, terbentuknya Provinsi Sulawesi Tenggara tak lepas dari para pendahulu dimulai sejak J. Wayong, La Ode Hadi, Eddy Sabara, Abdullah Silondee, Alule, Le Ode Kaimoeddin, Ali Mazi dan Nur Alam hingga Ali Mazi.

"Kita tidak bisa menafikan terjadinya perkembangan daerah kita dari waktu ke waktu yang telah diantarkan oleh para pimpinan daerah ini," katanya.

Baca Juga: DPRD Sulawesi Tenggara Sukses Kawal Program AMAN

Selain itu, ia juga mengapresiasi dua penghargaan yakni Maritim Award 2023 untuk kategori utama bidang perintis maritim yang diberikan oleh International Sea Port Exhibition And Conference (ISPEC) dan penghargaan dari Pemerintah Pusat.

Di mana kata dia, Sulawesi Tenggara sebagai salah satu provinsi yang berhasil mendukung program JKN-KIS sebagai program strategis nasional.

Sulawesi Tenggara dipandang berhasil dalam mendorong terwujudnya cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia. Penghargaan tersebut dinilai sebagai kado istimewa bagi Sulawesi Tenggara yang ke-59 tahun.

Selama lima tahun terakhir, Sulawesi Tenggara telah mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah dan event yang berskala regional dan nasional bahkan Sulawesi Tenggara salah satunya penyelenggaraan PTQ LPP RRI tingkat nasional ke-53.

Berbagai event tersebut memberikan manfaat tersendiri bagi daerah dan menunjukkan bahwa daerah ini semakin memantapkan eksistensinya sejajar dengan provins-provinsi lain di Indonesia.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi membeberkan kinerja dari pemerintah provinsi dalam membangun Sulawesi Tenggara agar menjadi lebih baik. Di mana, kata dia, pertama adalah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat diperlukan aparatur yang profesionalisme, inovatif dan kreatif.

Pasalnya, tambah dia, aparatur merupakan ujung tombak atau barisan terdepan dalam melaksanakan pelayanan pablik. Kedua, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota selalu bersinergi untuk melakukan peningkatan atau upgrading, kompetensi dan integritas apatur penyelenggaran pemerintah baik di kecamatan, kelurahan maupun desa.

Kemudian yang ketiga, untuk tahun 2023 ini Pemerintah Pusat dan pemerintah provinsi bersinergi dalam menguatkan pemerintah desa dengan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD).

Baca Juga: DPRD Sulawesi Tenggara Mitra Strategis Pemerintah

“Jadi yang akan dilatih seluruh kepala desa, perangkat desa dan lembaga kemasyarakatan yang ada di desa. Program ini diharapkan dapat kuat kapasitas kelembagaan dan sistem akuntabilitas yang akan mengarah pada peningkatan kualitas belanja di tingkat desa sesuai dengan kebutuhan yang berkontribusi terhadap perbaikan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya, dikutip dari sultraprov.go.id.

Sedangkan keempat, pemerintah kecamatan akan terus melakukan koordinasi dengan OPD di daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, layanan publik dan pemberdayaan masyarakat baik di desa ataupun di kelurahan, sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal.

Kelima, pemerintah provinsi terus berupaya mendorong ekonomi desa. Keenam, pemerintah provinsi memberikan apresiasi kepada kepala desa, lurah, badan permusyawaratan desa, aparat desa atau kelurahan, lembaga-lembaga desa atau kelurahan dalam melakukan memberikan hasil terbaik atau berpartisipasi dalam pembangunan desa atau kelurahan seperti memberikan hadiah atau pendanaan program inovatif. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga