Kilang Minyak Cilacap Terbakar, Respon Ahok Mengejutkan

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Minggu, 14 November 2021
0 dilihat
Kilang Minyak Cilacap Terbakar, Respon Ahok Mengejutkan
Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahja Purnama (kiri). Foto: Instagram @basukibtp

" Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta agar kebakaran tangki di kilang di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), diusut tuntas "

JAKARTA,TELISIK.ID - Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta agar kebakaran tangki di kilang di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), diusut tuntas.

Menurutnya, ini bukan pertama kalinya kebakaran besar terjadi di lokasi tersebut.

"Hati-hati dan pastikan penyebabnya, karena sudah sering terulang yang sama," kata Ahok kepada awak media di Jakarta, Sabtu (13/11/2021) malam.

Ahok mengatakan, pada saat kejadian hujan lebat diikuti dengan petir yang keras. Meski begitu, belum diketahui sebab kebakaran tangki kilang minyak.

"Penyebab kebakaran sementara belum dapat dipastikan penyebabnya. Pada saat kejadian hujan lebat diikuti dengan petir yang keras," ujarnya.

Namun saat ini, kata Ahok, di lokasi tersebut tengah dilakukan penyekatan api di seputar tangki 36T102 dan defensive fire fighting dengan fire truck dan hidran.

"Penyiapan offensive fire fighting, pendinginan terhadap tangki sekitarnya dengan menyalakan water sprinkler," katanya.

Baca Juga: Puan Tanam Padi di Bawah Hujan, Kena Sindir Susi Pudjiastuti dan Fadli Zon

Baca Juga: Ini Sejarahnya Tanggal 10 November Ditetapkan Hari Pahlawan

Diketahui, tangki 36T102 berisi Pertalite dengan level tangki 15,9 meter versus maximal level 20 meter atau sekitar volume 31.000 KL versus maximal 39.000 KL. Dilaporkan terbakar pada Sabtu, (13/11/2021) malam pukul 19.00 WIB.

Kebakaran kilang Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah itu beredar luas di WhatsApp Grup (WAG). Tampak dalam video api meluap-luap disertai kepulan asap. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Kardin

Baca Juga