adplus-dvertising

Kini Orang Tua Bisa Minta Google Hapus Foto Anaknya dari Mesin Pencari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 28 Oktober 2021
1032 dilihat
Kini Orang Tua Bisa Minta Google Hapus Foto Anaknya dari Mesin Pencari
Ilustrasi mesin pencarian Google. Foto: Repro hobbyconsolas.com

" Kami sadar bahwa anak-anak dan remaja harus menghadapi tantangan tersendiri di internet, terutama ketika foto mereka muncul di internet tanpa izin "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagain orang tua merasa resah ketika foto anak-anaknya muncul di mesin pencarian Google. Namun, kita keresahan tersebut mendapat angin segar.

Mengutip Suara.com - jaringan Telisik.id, Kamis (28/10/2021), Google mengumumkan bahwa orang tua kini bisa meminta untuk menghapus foto diri anak-anak mereka dari mesin pencari.

Seperti dilansir dari CNet, Google mengatakan bahwa anak-anak berusia di bawah 18 tahun, orang tua atau wali mereka bisa meminta agar foto-foto diri dihapus dari mesin pencari.


"Kami sadar bahwa anak-anak dan remaja harus menghadapi tantangan tersendiri di internet, terutama ketika foto mereka muncul di internet tanpa izin," jelas Google dalam blog resminya, pada Rabu (27/10/2021).

Baca Juga: Handphone Lamamu Jangan Dibuang, Ternyata Bisa Jadi CCTV dan Ramote

Baca Juga: Waspada Pembajakan WhatsApp, Begini Caranya Biar Selamat

Anak-anak, orang tua atau wali anak bisa mengisi sebuah formulir online untuk meminta agar foto mereka dihapus oleh Google. Di dalam formulir itu, pihak pemohon harus mengisi link atau tautan terkait foto-foto mereka yang ingin dihapus.

Meski demikian, Google mengingatkan bahwa setelah dihapus dari mesin pencari, foto-foto itu tidak otomatis hilang dari internet.

Kebijakan Google ini sebenarnya sudah disampaikan sejak Agustus kemarin. Langkah ini diambil Google untuk melindungi anak-anak dan remaja dari perundungan, pelecehan serta kekerasan di internet.

Selain memberi peluang untuk menghapus foto, Google juga mengatakan pihaknya akan memblokir iklan-iklan yang menyasar anak atau remaja berusia di bawah 18 tahun. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga