Kisah Perjalanan Istri Uya Kuya Menjadi Mualaf, Sempat Ditolak Keluarga

Siswanto Azis, telisik indonesia
Selasa, 27 Juli 2021
0 dilihat
Kisah Perjalanan Istri Uya Kuya Menjadi Mualaf, Sempat Ditolak Keluarga
Astrid Khairunisha dan Uya Kuya. Foto: Repro google.com

" Tantangan yang harus dihadapi oleh Astrid ketika ingin melangkah hubungan lebih jauh dengan Uya dan mengenalkannya kepada keluarganya, ternyata kedua orangtuanya tidak merestui karena Uya adalah seorang muslim "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemilik nama asli Astid Khairunisha, istri dari presenter kenamaan Tanah Air Uya Kuya berbagi kisahnya saat berjuang menemukan jalan hidayah dan memeluk agama Islam. 

Untuk menjadi seorang mualaf memang tidak mudah, tentangan hingga ujian lainnya biasanya akan terus datang. Hal ini juga dialami oleh Astrid Khairunisha, yang menjadi seorang mualaf yang diterpa berbagai cobaan.

Sebelum bertemu dengan Uya Kuya, sebenarnya Astrid telah bertunangan dengan kekasihnya, namun di tengah perjalana tiba-tiba Uya datang mengalihkan hatinya hingga imannya untuk menjadi seorang muslim.

“Jadi saya itu punya tunangan kita udah empat tahun, tiba-tiba dia (Uya) datang,” katanya, dikutip dari okezone.com.

Tidak lama kemudian, Astrid akhirnya terpikat kepada Uya dan menjalin komunikasi dan hubungan lebih dekat. Hingga akhirnya Astrid mengakhiri pertunangannya dengan kekasihnya itu.

Namun, tantangan yang harus dihadapi oleh Astrid ketika ingin melangkah hubungan lebih jauh dengan Uya dan mengenalkannya kepada keluarganya, ternyata kedua orangtuanya tidak merestui karena Uya adalah seorang muslim.

“Jadi keluargaku itu kan semuanya non muslim. Kebetulan mama papaku itu seorang pemuka agama. Jadi ketika mau nikah sama dia (Uya) kan dia muslim, jadi aku harus pindah (agama). Tapi dari awal aku sudah meyakini Islam itu dari kuliah tingkat dua, sebelum ketemu dia jauh,” terang Astrid.

Namun, keputusan Astrid untuk memeluk Islam sangat ditentang keluarganya, hingga terjadi konflik antar mereka. Sampai suatu hari mukena Astrid dibuang ibunya, karena merasa kecewa dengan langkah putrinya itu.

“Mama saya (bilang) kenapa anak saya harus berpindah agama. Wah, itu heboh di rumah, sampai aku kan belajar salat yang namanya keluarga kan kecewa, sampai mukenaku dibuang keluar. Mama bilang gini ‘kamu masih tinggal di tempat mama, kalau kamu masih tinggal di tempat mama, kamu harus ikutin kata mama. Kamu enggak bisa nikah sama orang muslim,” ujarnya.

Namun, keputusan Astrid pun tak goyah, ia terus berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar diberikan jalan yang benar, serta keluarganya tidak lagi beranggapan buruk terhadap keputusannya untuk jadi mualaf.

Baca Juga: Suami Mualaf, Begini Telatennya Sang Istri Ajari Agama Islam

Baca Juga: Ingin Jadi Mualaf, Pemuda Ini Kerja Keras untuk Beli Baju Koko

“Alhamdulillah aku terus salat, akhirnya mama dibukakan pintunya sampai ngomong ‘mama tahu yang menjalankan kehidupan itu kamu yang menikah itu kamu bukan mama. Jadi apapun yang terjadi, kamu yang menjalani semua, kamu silakan sama dia’. Itu titik benar-benar saat aku ngerasa, oke berarti ini sudah jalan. Insyaallah dia jodoh saya, karena kita semakin dekat,” tuturnya.

Akhirnya, Astrid dan Uya menikah pada 2003 lalu, kini telah dikaruniai dua orang anak yaitu Cinta Rahmania Putri Khairunnisha dan Sydney Agusto Putra Utama.

Selain itu, Astrid pun kini sudah berhijab dengan style-nya yang kekinian, dan sekaligus memperlihatkan identitasnya bahwa ia adalah seorang muslimah.

“Alhamdulillah saya terus salat. Perjalanannya lumayan untuk dekat dengan keluarga. Alhamdulillah sekarang udah deket banget,” pungkasnya. (C)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga