Kisah Unik Sapi Kurban Jokowi, Dari Tidur di Karpet Mahal hingga Rajin Mandi

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Jumat, 31 Juli 2020
0 dilihat
Kisah Unik Sapi Kurban Jokowi, Dari Tidur di Karpet Mahal hingga Rajin Mandi
Sapi kurban Jokowi yang berada di Sulawesi Tenggara. Foto: Repro Google.com

" Mulai dari tidur dengan karpet khusus, rutin mandi agar tidak masuk angin dan beraneka macam perlakuan lainnya yang terbilang unik. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sapi-sapi kurban milik Presiden Joko Widodo, selalu meninggalkan sebuah kisah atau cerita unik sekaligus menarik.

Selain ukurannya yang lebih besar di atas Sapi kurban kebanyakan, tapi juga perilaku spesial yang membuat hewan ternak tersebut terlihat sangat eksklusif.

Mulai dari tidur dengan karpet khusus, rutin mandi agar tidak masuk angin dan beraneka macam perlakuan lainnya yang terbilang unik.

Seperti yang dikutip dari boombastis.com, sejumlah Sapi yang akan menjadi kurban itu pun benar-benar dijaga ketat oleh pemiliknya sebagai ungkapan rasa syukur dan bangga, karena dipilih oleh orang nomor satu di Indonesia.

Seperti yang di Tangerang. Sapi kurban milik Jokowi mesti diterapi pijat khusus untuk kurban warga sekitar.

Sapi limosin pilihan Presiden Jokowi dimanjakan dengan serangkaian perlakuan khusus. Mulai dari pijatan pada punggung agar tetap tenang, hingga kotoran yang selalu dibersihkan agar tidak merusak kulit.

Untuk makanan, penambahan nutrisi dan vitamin diberikan agar tetap sehat.

Kemudian Sapi kurban Presiden Jokowi di Gresik, Jawa Timur. Sapi itu merupakan jenis peranakan Ongole yang memiliki bobot hingga 1,04 ton.

Uniknya, hewan tersebut kerap dimandikan pada siang hari agar tidak masuk angin. Perawatan tersebut sejalan dengan pemberian pakan seperti tepung kedelai dan rumput segar.

Baca juga: 11 Personil Terpapar COVID-19, Kantor Pusat ACT Tutup

Ada juga Sapi kurban Upin yang sering menang kontes. Berbekal tubuh yang sehat dan bobot luar biasa, Sapi bernama Upin yang dibeli Presiden Jokowi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), ternyata kerap memenangi kontes.

Sapi berjenis Ongole ini memiliki berat mencapai 1 ton. Sebelum dijual, Sapi Upin tersebut sering keluar sebagai juara kontes bersama Sapi lainnya yang bernama Ipin.

Sementara di Samarinda, Sapi kurban yang diberi makan ampas tahu. Makanan yang tepat juga menjadi salah satu perlakuan istimewa pada Sapi Presiden Joko Widodo. Sapi berjenis Limosin dengan bobot 968 kilogram di Samarinda, Kalimantan Timur.

Sang pemilik yang bernama Subroto mengatakan, dirinya membeli enam karung ampas tahu untuk makanan Sapi-sapi miliknya, di samping pemberian rumput secara rutin.

Lain lagi, Sapi Puang Tedong yang dimanjakan dengan karpet. Perlakuan istimewa juga diberikan pada Sapi kurban milik Presiden Joko Widodo di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Bobot mencapai 1,2 ton, Sapi bernama Puang Tedong itu bahkan diberi alas tidur berupa dua lembar karpet hitam seharga Rp 2 Juta agar tidak kedinginan dan bisa tidur nyenyak.

Berat Sapi kurban Presiden Joko Widodo yang berjenis Limosin rata-rata memiliki bobot satu ton dan bertubuh besar dibanding hewan sejenis lainnya.

Perlakuan istimewa tersebut tak lepas dari upaya pemilik untuk memberikan yang terbaik karena telah dipercaya oleh Presiden RI, hingga menghadirkan kisah-kisah unik seperti di atas.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Kardin

Baca Juga