Klaim Didukung PKB, Ini Motivasi Herman Hemmy Maju Calon Bupati Manggarai Timur

Berto Davids, telisik indonesia
Kamis, 25 Mei 2023
0 dilihat
Klaim Didukung PKB, Ini Motivasi Herman Hemmy Maju Calon Bupati Manggarai Timur
Keluarga dan kenalan sepakat Herman Hemmy maju calon Bupati Manggarai Timur. Foto: Ist.

" Salah satu putra terbaik asal Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Herman Hemmy, siap maju pada Pilkada 2024 mendatang "

MANGGARAI TIMUR, TELISIK.ID - Salah satu putra terbaik asal Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Herman Hemmy yang saat ini menjadi seorang Profesional California Amerika Serikat, siap maju pada Pilkada 2024 mendatang.

Herman mengatakan, motivasi ini timbul atas dorongan dari masyarakat Manggarai Timur, keluarga dan kenalan. Ia juga mengklaim dirinya mendapat dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) itu mengatakan, motivasi lain yang membuat dirinya mau bertarung di Pilkada Manggarai Timur 2024, yakni untuk menuntaskan Kabupaten Manggarai Timur dari kemiskinan ekstrem 15,43 persen dengan jumlah penduduk miskin ekstrem 44.630 orang.

"Sebenarnya saya kecewa ketika hal itu terjadi di Manggarai Timur yang tanahnya subur dan banyak potensi andalan," kata Herman, Rabu (25/6/2023).

Tetapi, untuk mengeluarkan Kabupaten Manggarai Timur dari miskin ekstrem, ia bertekad memaksimalkan gerakan pengembangan sektor pertanian, pengembangan sektor pariwisata, peningkatan sumber saya manusia melalui fasilitas pendidikan yang memadai dan ketersediaan air bersih serta pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

"Dari sektor pertanian misalnya kita akan optimalkan pemanfaat irigasi untuk mengairi sawah juga untuk kebutuhan air bersih bagi masyarakat, apalagi ada tiga sungai yang cukup besar di Manggarai Timur, di antaranya wae musur, wae laku, dan wae bobo," tuturnya.

Baca Juga: Pendukung Prabowo Mulai Bergerak Melalui Relawan Repro Sulawesi Tenggara

"Kita punya potensi di sektor pertanian sangat bagus tidak hanya sawah, kopi, cengke dan lainnya juga bagus. Hanya saja tergantung kita untuk mengeloh agar pertumbuhan ekonomi masyarakat itu ada" tambah dia.

Sementara pada sektor pariwisa, kata Herman, keberadaan beberapa danau di Manggarai Timur juga bisa menjadi sumber air bersih sekaligus menjadi spot wisata alam seperti Danau Rana Mese, Danau Rana Loba dan spot wisata lainya yang berada di wilayah tersebut.

"Salah satu danau yang bisa digunakan untuk sumber air bersih sekaligus menjadi spot wisata alam adalah Danau Rana Mese menjadi sumber air yang bisa dipasok ke pemukiman warga dengan tata kelola yang baik agar kualitas air bersih tetap terjaga," jelasnya.

Ia menjelaskan, ketika semua spot wisata kita tata dengan baik pasti banyak wisatawan yang mengunjungi spot tersebut dan di sekitar spot tersebut akan dipasarkan hasil kerajinan masyarakat setempat sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Sarana dan prasarana atau fasilitas pendukungnya juga harus dibangun, bersamaan dengan promosi yang dilakukan secara terus menerus agar semakin banyak wisatawan yang merasa tertarik dan mau berkunjung.

Karena peningkatan jumlah kunjungan bisa memberi efek positif bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Di samping itu juga pentingnya menghadirkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau dalam bentuk Perusahaan Daerah (Perumda) dengan manajemennya yang bermutu untuk mendukung kemajuan ke depan sehingga dengan hadirnya BUMD dan Perumda mengotimalkan PAD sehingga bisa pakai untuk pembangunan Manggarai Timur ke depannya.

Sedangkan di bidang peningkatan SDM, sangat bergantung dengan tingkat kesejahteraan masyarakat yang nanti akan ada penawaran wajib satu kampung di Manggarai Timur harus melahirkan satu orang sarjana agar SDM makin kuat.

"Nanti kita tawarkan berbagai cara termasuk intevensi dari Pemda juga beasiswa dari berbagai pihak untuk melahirkan sarjana-sarjana baru sehingga mewujudkan SDM yang unggul" ungkapnya.

Kemudian di bidang kesehatan, ia akan optimalkan semua petugas setiap pelayanan kesehatan mulai dari kabupaten hingga desa untuk proaktif mengecek masyarakat yang mengalami sakit sehingga dengan cepat mendapatkan penangaan yang prima

Baca Juga: Bekas Kader PAN Pimpin Tim Relawan Pemenangan Ganjar Pranowo di Sulawesi Tenggara

"Karena membangun suatu daerah bukan hanya bangun jalan, tetapi kita memperhatikan soal perekonomian, pendidikan dan kesehatan. Nah ketika semua itu terpenuhi maka terciptalah masyarakat yang sejatera," kata Herman.

Untuk itu Herman sangat berharap dukungan dari Manggarai Timur dan semua pihak termasuk partai politik agar terwujud niatnya membangun Manggarai Timur.

Sementara itu Ketua DPC PKB Manggarai Timur, Yohanes Rumat mengatakan bahwa PKB Matim sangat terbuka untuk siapapun, baik dari kader PKB ataupun masyarakat umum termasuk Herman Hemmy.

"Kader PKB dan masyarakat umum memiliki peluang yang sama untuk diusung PKB dalam Pilkada Manggarai Timur 2024 tetapi sekarang kita fokus untuk pemenang pileg dengan komitmen semua dapil mendapat kursi sehingga bisa mengusung calon bupati di Pilkada 2024," ujar calon anggota DPRD Provinsi NTT dari dapil 4 priode 2024-2029 itu. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga