Klasemen Akhir Olimpiade Paris 2024, Indonesia Posisi ke-49 Nomor Dua di ASEAN

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Senin, 12 Agustus 2024
0 dilihat
Klasemen Akhir Olimpiade Paris 2024, Indonesia Posisi ke-49 Nomor Dua di ASEAN
Tiga putra-putri terbaik Indonesia peraih medali Olimpiade Paris 2024, Veddriq Leonardo (kiri) Rizki Juniansyah (tengah) dan Gregoria Mariska Tunjung (kanan). Foto Instagram @nocindonesia

" Kontingen Indonesia berhasil menutup keikutsertaannya dalam ajang Olimpiade Paris 2024 dengan menempati posisi ke-49 dalam klasemen akhir perolehan medali "

PARIS, TELISIK.ID - Kontingen Indonesia berhasil menutup keikutsertaannya dalam ajang Olimpiade Paris 2024 dengan menempati posisi ke-49 dalam klasemen akhir perolehan medali. Membawa Tanah Air menjadi negara dengan pencapaian terbaik kedua di ASEAN.

Pada hari terakhir Olimpiade, posisi Indonesia tidak mengalami perubahan signifikan dalam klasemen. Indonesia mencatatkan perolehan dua medali emas dan satu medali perunggu.

Dua medali emas tersebut diraih oleh Veddriq Leonardo dari cabang olahraga panjat tebing dan Rizki Juniansyah dari cabang angkat besi. Sedangkan medali perunggu dipersembahkan oleh Gregoria Mariska Tunjung dari cabang olahraga bulu tangkis, seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Senin (12/8/2024).

Secara keseluruhan, Amerika Serikat keluar sebagai juara umum dengan total 126 medali, terdiri dari 40 medali emas, 44 medali perak, dan 42 medali perunggu. Posisi kedua ditempati oleh China yang mengumpulkan 91 medali, terdiri dari 40 medali emas, 27 medali perak, dan 24 medali perunggu.

Jepang, sebagai tuan rumah Olimpiade Tokyo 2020, berhasil menempati posisi ketiga dengan 45 medali, terdiri dari 20 medali emas, 12 medali perak, dan 13 medali perunggu.

Indonesia berada di peringkat ke-49 dalam klasemen akhir Olimpiade Paris 2024 dengan total tiga medali. Capaian ini menempatkan Indonesia sebagai negara ASEAN dengan prestasi terbaik kedua setelah Filipina, bersumber dari bola.net.

Baca Juga: Sosok Dua Putra Terbaik Indonesia Kibarkan Merah Putih dan Sabet Medali Emas di Olimpiade Paris 2024

Indonesia berhasil unggul dari negara-negara tetangga lainnya seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura. Thailand menempati posisi ke-44 dengan perolehan satu medali emas, tiga medali perak, dan dua medali perunggu.

Malaysia berada di posisi ke-80 dengan raihan dua medali perunggu, sedangkan Singapura berada di posisi ke-84 dengan satu medali perunggu.

Medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024 diraih oleh Gregoria Mariska Tunjung dari cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putri. Gregoria berhasil menyumbangkan medali perunggu setelah melewati serangkaian pertandingan yang ketat melawan lawan-lawannya.

Sementara itu, medali emas pertama bagi Indonesia dipersembahkan oleh Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing nomor speed putra. Veddriq tampil luar biasa dari babak kualifikasi hingga final, mengalahkan pesaing-pesaing tangguh dari berbagai negara.

Medali emas kedua untuk Indonesia diraih oleh Rizki Juniansyah dari cabang olahraga angkat besi. Rizki yang berlaga di kelas 73 kg putra, berhasil mengangkat beban tertinggi di antara para pesaingnya. Dengan keberhasilannya ini, Rizki melengkapi perolehan medali emas Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Di tingkat ASEAN, Filipina tampil sebagai negara dengan perolehan medali terbanyak di Olimpiade Paris 2024. Filipina menempati peringkat ke-37 dengan dua medali emas dan dua medali perunggu.

Medali-medali tersebut dipersembahkan oleh atlet senam Carlos Yulo, yang berhasil menunjukkan penampilan terbaiknya di ajang Olimpiade kali ini.

Baca Juga: BREAKING NEWS Olimpiade Paris 2024: Veddriq Leonardo Cetak Sejarah Indonesia Raih Emas Pertama Panjat Dinding

Thailand, yang berada di peringkat ketiga di ASEAN, meraih satu medali emas, tiga medali perak, dan dua medali perunggu. Medali emas untuk Thailand dipersembahkan oleh atlet angkat besi yang juga tampil gemilang di kelas 61 kg putra.

Malaysia yang menempati posisi ke-80, meraih dua medali perunggu dari cabang olahraga bulu tangkis dan terjun payung. Sedangkan Singapura, yang berada di posisi ke-84, meraih satu medali perunggu dari cabang olahraga renang.

Dengan prestasi yang diraih oleh para atlet Indonesia, kontingen Indonesia berhasil melanjutkan tradisi emas di ajang Olimpiade. Meskipun hanya meraih dua medali emas dan satu medali perunggu. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga