Kolaka Timur Akan Diisi Oleh Plh Bupati

Siswanto Azis, telisik indonesia
Rabu, 22 September 2021
0 dilihat
Kolaka Timur Akan Diisi Oleh Plh Bupati
Bupati Kolaka Timur, Andi Merya Nur. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Penunjukan Plh Bupati Koltim merupakan kewenangan gubernur untuk menentukan siapa yang akan ditunjuk untuk melaksanakan kekosongan jabatan bupati di Kolaka Timur "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasca Bupati Kolaka Timur, Andi Merya Nur ditangkap melalui Operasi Tangkap Tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, pucuk pimpinan di Kabupaten Kolaka Timur akan diisi oleh Pelaksana Harian (Plh) Bupati.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara, Muhamad Ilyas Saribu. Menurutnya, saat ini pihaknya tengah menyiapkan pengisian jabatan sementara.

“Ini saya mau konsultasi sama Pak Gubernur mengenai penunjukan Plh Bupati Koltim,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Rabu (22/9/2021).

Selain itu, menurut Muhamad Ilyas Saribu, penunjukan Plh Bupati Koltim merupakan kewenangan gubernur untuk menentukan siapa yang akan ditunjuk untuk melaksanakan kekosongan jabatan bupati di Kolaka Timur.

“Plh itu sifatnya sementara sambil menunggu adanya kepastian hukum yang menimpa Andi Merya Nur. Paling yang ditunjuk untuk jadi Plh itu Sekda,” ungkapnya.

Baca Juga: Sebelum Kena OTT, Bupati Koltim Sempat Dampingi Tim Asrena Mabes Polri

Baca Juga: Jubir KPK Beberkan Penangkapan Bupati Kolaka Timur

Lebih lanjut Muhamad Ilyas Saribu menjelaskan, jabatan Plh paling lama menjabat satu pekan, sembari menunggu penunjukan penjabat (Pj) yang ditunjuk langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.

“Saat ini kita patut mengedepankan praduga tak bersalah, jika memang sudah ditetapkan tersangka baru kita ajukan penunjukan Pj,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, sekitar pukul 20.00 Wita Selasa (21/9/2021) malam, KPK dikabarkan telah menangkap Bupati Koltim, Andi Merya Nur karena dugaan tindak pidana korupsi. (C)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga