Koltim Tampilkan Potensi Daerah di Pameran HUT Sultra ke-58

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 24 Mei 2022
0 dilihat
Koltim Tampilkan Potensi Daerah di Pameran HUT Sultra ke-58
Gubernur Ali Mazi sata meninjau stand pameran Kabupaten Kolaka Timur. Foto: Ist.

" Dalam kegiatan pameran tersebut Koltim menampilkan berbagai produk dan potensi daerah "

BAUBAU, TELISIK.ID - Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) turut ambil bagian dalam kegiatan pameran pembangunan, pariwisata dan ekonomi kreatif dan tapak tilas Oputa Yi Koo 2022.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Gubernur Sultra H Ali Mazi SH Minggu (22/5/2022) malam itu merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke-58.

Dalam kegiatan tersebut Koltim turut membangun stand pameran dengan menampilkan berbagai produk dan potensi daerah yang dipimpin Pj Bupati Ir H Sulwan Aboneawas, M.Si.

Di antaranya adalah Bunga Anggrek Sorume yang menjadi ikon daerah Koltim, gula yang berasal dari aren yang dikemas dengan nama Arentim dan lain sebagainya.

Dalam pembukaan pameran, hadir juga Direktur Event Daerah, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kementerian Pariwisata Reza Pahlevi mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Stand pameran Kabupaten Kolaka Timur. Foto: Ist.

 

Pameran yang dirangkaikan dengan tapak tilas pahlawan nasional Oputa Yi Koo tersebut bertajuk "Sadar Sejarah Menuju Generasi yang Kuat, Cerdas dan Tangguh".

Dalam sambutannya Ali Mazi menyampaikan, setidaknya tiga tujuan dari kegiatan pameran. Pertama, mensosialisasikan program pembangunan dan menginformasikan serta memaparkan hasil pembangunan yang telah dicapai oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Sultra.

Baca Juga: 10 Hektare Lahan Persawahan Masyarakat Buton Utara Tergenang Banjir, Sapi Ikut Terendam

Kedua, membangkitkan animo, atensi dan hasrat bagi dunia usaha di Sultra. Ketiga, mengenalkan dan mempromosikan berbagai potensi pembangunan daerah, pariwisata dan hasil-hasil kegiatan ekonomi kreatif, sekaligus memberikan hiburan dan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengembangkan potensi-potensi seni dan budaya di Sultra.

Stand pameran Kabupaten Kolaka Timur. Foto: Ist.

 

"Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui dan merasakan, sekaligus semakin terdorong untuk lebih aktif berperan dalam proses pembangunan daerah," katanya.

Terkait dengan tapak tilas Oputa Yi Koo, gubernur mengungkapkan, tapak tilas ini diselenggarakan untuk meingingatkan generasi Sulawesi Tenggara khususnya, tentang nilai-nilai perjuangan Oputa Yi Koo.

Baca Juga: Merasa Keberatan, Dewan Klarifikasi Jumlah Anggota yang Mendukung Rakyat

“Ikut merasakan kesulitan dan penderitaannya. Dan lebih dari itu, bagaimana kita menghidupkan lagi dan meneladani spirit juangnya yang dulu pernah ada untuk menghadapi dan merespon tantangan zaman yang semakin kompleks,” pungkas Ali Mazi. (C-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga