Komisi X DPR RI Setujui Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Langkah Berikut Paripurna

Merdiyanto , telisik indonesia
Selasa, 17 September 2024
0 dilihat
Komisi X DPR RI Setujui Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Langkah Berikut Paripurna
Komisi X DPR Resmi Setujui Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Foto: Repro PSSI

" Komisi X DPR RI secara resmi menyetujui proses naturalisasi untuk dua pemain sepak bola, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders "

JAKARTA, TELISIK.ID — Komisi X DPR RI secara resmi menyetujui proses naturalisasi untuk dua pemain sepak bola, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Keputusan ini diambil setelah Rapat Kerja yang diadakan di Gedung DPR RI, Jakarta, pada Selasa (17/9/2024). Selanjutnya, proses ini akan dilanjutkan ke rapat paripurna DPR RI untuk keputusan final.

Rapat Kerja tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, dan dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, serta perwakilan dari PSSI, yaitu Sekjen Yunus Nusi dan Anggota Exco Vivi Cahyani.

Dalam kesempatan itu, Eliano Reijnders mengikuti rapat secara virtual dari Belanda, sedangkan Mees Hilgers tidak hadir karena sedang bertanding bersama FC Twente.

Baca Juga: Resmi, Komisi III DPR RI Sahkan Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Dito Ariotedjo dalam rapat menjelaskan bahwa Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah memenuhi semua persyaratan untuk naturalisasi, termasuk kriteria keturunan Indonesia yang diatur dalam undang-undang.

Ia berharap bahwa kehadiran keduanya dapat memperkuat Tim Nasional Indonesia, terutama menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyampaikan terima kasih kepada Komisi X dan Komisi III DPR RI atas persetujuan tersebut.

Baca Juga: Update Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Jepang Perkasa di Puncak, Indonesia Keempat

“Kami mengapresiasi dukungan dari DPR RI dan berharap Mees Hilgers serta Eliano Reijnders dapat segera bergabung dengan timnas Indonesia untuk memberikan kontribusi maksimal,” ujar Yunus Nusi.

Proses naturalisasi selanjutnya akan memasuki tahap rapat paripurna DPR RI, diikuti dengan penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kementerian Hukum dan HAM.

Setelah proses ini selesai, kedua pemain tersebut akan resmi menjadi Warga Negara Indonesia dan dapat bergabung dengan Tim Nasional Indonesia.

Timnas Indonesia akan menghadapi dua laga tandang penting dalam lanjutan Ronde Ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, yaitu melawan Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober 2024. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga