Kompak, PKS dan NasDem Rekomendasikan Pemkot Tingkatkan PAD Lewat Jasa

Kardin, telisik indonesia
Senin, 18 Mei 2020
0 dilihat
Kompak, PKS dan NasDem Rekomendasikan Pemkot Tingkatkan PAD Lewat Jasa
Sekretaris Fraksi PKS DPRD Kendari, dr Jabar Al Jufri. Foto: Ist.

" Mengingat Kendari ini adalah kota jasa, maka yang harus lebih ditingkatkan adalah PAD di sektor itu, seperti wisata, perhotelan dan rumah makan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Fraksi PKS dan NasDem DPRD Kota Kendari  kompak menitik beratkan soal pendapatan daerah kota dalam rapat Pansus terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota tahun 2019.

Seperti yang disampaikan Sekretaris Fraksi PKS DPRD Kendari, dr Jabar Al Jufri bahwa dalam LKPJ Wali Kota Kendari, pihaknya merekomendasikan agar PAD Kota Kendari dapat lebih ditingkatkan melalui sektor jasa.

"Mengingat Kendari ini adalah kota jasa, maka yang harus lebih ditingkatkan adalah PAD di sektor itu, seperti wisata, perhotelan dan rumah makan," paparnya di Kantor DPRD Kendari, Senin (18/5/2020).

Menurut dokter Jabar, PAD Kota Kendari harus lebih digenjot melalui sektor jasa. Olehnya Fraksi PKS bakal merekomendasikan hal tersebut ke Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dalam LKPJ.

"Itu karena sektor PAD tertinggi itu ada di wisata, perhotelan dan lain sebagainya," ujarnya.

Sejurus dengan itu, Ketua Fraksi NasDem DPRD Kendari, Abdul Rasak menuturkan, banyak catatan dari fraksi dewan agar adanya perbaikan dalam pengelolaan APBD Kota Kendari.

Baca juga: Bupati Muna Porsikan Jalan Lingkar Pola Rp 4 M

Faraksi NasDem sendiri katanya, catatan terpenting adalah menyangkut kondisi ekonomi Kota Kendari. Karena menurutnya, dua tahun belakangan, Kota Kendari mengalami penurunan dari sektor penghasilan.

"Makanya harus ada suplai dari kebijakan yang tepat, terutama dari sektor penghasilan kita," jelasnya.

Olehnya itu, pihaknya menekankan agar Pemkot Kendari lebih fokus pada program yang dapat mengangkat sistem ekonomi masyarakat secara umum.

"Potensinya kan ada, seperti pajak restoran, wisata, kemudian ekspor ke daerah lain sehingga bisa menumbuhkan ekonomi dan berdampak pada tenaga kerja juga menurunkan angka kemiskinan," paparnya.

Reporter: Kardin

Editor: Sumarlin

Baca Juga