Konawe Selatan Siapkan Data Valid dan Akurat melalui Portal SI-ENDA KONSEL

Ashar Hamka, telisik indonesia
Rabu, 25 Oktober 2023
0 dilihat
Konawe Selatan Siapkan Data Valid dan Akurat melalui Portal SI-ENDA KONSEL
Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan resmi meluncurkan SI-ENDA KONSEL yang menjadi upaya untuk menghasilkan kebijakan yang tepat dengan data yang valid dan akurat. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan resmi meluncurkan Sistem Informasi Open Data Konawe Selatan (SI-ENDA KONSEL) "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), terus digenjot Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan. Terbaru, daerah pimpinan Bupati Surunuddin Dangga ini, resmi meluncurkan Sistem Informasi Open Data Konawe Selatan (SI-ENDA KONSEL).

Menurut Asisten I, Amran Aras, sistem yang bakal dikenal dengan SI-ENDA KONSEL tersebut sebagai upaya untuk menghasilkan kebijakan yang tepat dengan data yang valid dan akurat.

“Kesalahan penggunaan data justru dapat mengakibatkan perencanaan yang dibuat tidak tepat sasaran. Data sangat diperlukan dalam perencanaan pembangunan. Dengan data yang berperan sebagai informasi, dapat dijadikan bahan untuk menetapkan kebijakan yang lebih tepat sasaran,” kata Asisten I saat launching Sistem Informasi Open Data Konawe Selatan, Rabu (25/10/2023), di kantor Bupati Konawe Selatan.

Dia mengatakan, perencanaan pembangunan daerah merupakan bagian dari sistem pembangunan daerah. Berfungsi sebagai pengarah untuk memberikan rambu-rambu kegiatan yang dilaksanakan, guna mencapai tujuan pembangunan secara bertahap. Untuk menyusun sebuah perencanaan yang baik, diperlukan data yang akurat sebagai dasar penetapan target dan tujuan yang ingin dicapai.

Baca Juga: Portal Pendataan Tenaga Non ASN Mulai Dibuka, Satpol PP Muna Berlomba Menginput

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Data Center Dinas Komunikasi, Informatika Dan Persandian Konawe Selatan, Bayu Lazuardi, mengingatkan kepada semua organisasi perangkat daerah agar dalam pengisian data yang menyangkut urusan pemerintahan, agar benar dan sesuai kondisi di lapangan. Ini dikarenakan penggunaan portal data ini sudah bisa diakses melalui http://data.konaweselatankab.go.id.

“Kami Dinas Kominfo serius dalam penerapan SPBE ini. Target ke depan akan dilakukan pengembangan sehingga data yang disajikan hingga ke level desa. Dengan begitu, insyaAllah akan terintegrasi dengan portal data Indonesia," ujar mantan Kasubid Perencanaan dan Penganggaran Daerah Bappeda Konawe Selatan ini.

Baca Juga: Portal SSCASN Bermasalah, Pendaftaran CASN dan PPPK Diperpanjang

Mantan Kasubid Pemerintahan Dan Pembangunan Manusia ini juga sedikit memaparkan, portal data ini menjadi jawaban atas kebutuhan terhadap seluruh data yang bisa diakses dalam satu wadah.  Yang berfungsi sebagai marketplace data pemerintah, yang mempertemukan supply dan demand terhadap data. Beragam jenis data, baik statistik, spasial maupun keuangan di seluruh strata pemerintah, akan bermuara di portal data.

Di lain pihak, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda, Edy Amiruddin mengatakan, data-data sangat diperlukan dalam perencanaan pembanguan, terlebih dalam tahun ini Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan akan melakukan revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. Untuk itu dibutuhkan data yang akurat dan terbaru. (A-Adv)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga