Kondisi Pasien Positif COVID-19 di RS Bahteramas Membaik

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 26 Maret 2020
0 dilihat
Kondisi Pasien Positif COVID-19 di RS Bahteramas Membaik
Tiga pasien positif COVID-19 yang dirawat di RS Bahteramas kondisinya sudah membaik. Foto: Ist

" Kita harapkan tes keduanya negatif, tapi kalau positif evaluasinya diperpanjang lagi "

KENDARI, TELISIK.ID - Tiga pasien terinfeksi COVID-19 yang dirawat di RS Bahteramas Kota Kendari kini kondisinya semakin membaik.

Ketiganya tidak lagi mengeluhkan demam bahkan tidak menggunkan bantuan selang oksigen untuk pernapasan. Namun ketiganya tetap menjalani isolasi.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra La Ode Rabiul awal, menerangkan, meskipun secara klinik atau berdasarkan pemantauan ketiga pasien COVID-19 terlihat baik, namun pihaknya belum bisa memastikan pasien tersebut sudah terbebas dari COVID-19 jika belum ada hasil tes kesehatan lanjutan.

"Kita harapkan tes keduanya negatif, tapi kalau positif evaluasinya diperpanjang lagi," ujarnya Kamis (26/3/2020).

Pihak Bahteramas akan mengajukan untuk pemeriksaan swab pasien yang dinyatakan positif ke Laboratorium Pemeriksaan Daerah di Makassar untuk mengetahui kondisi terkini. 

Namun pihaknya masih menunggu Virus Transport Media (VTM) atau media untuk membawa sampel swab. VTM ini menjadi wadah sampel liur paien yang terinveksi.

"Asal ada VTM ini kuncinya baru kita akan kirim tes keduanya," tambahnya.

Diketahui, tiga pasien tersebut adalah laki-laki umur 41 tahun, perempuan 32 tahun, dan perempuan 25 tahun. Sebelum dinyatakan terinveksi COVID-19 ketiganya diketahui belum lama pulang dari melaksanakan ibadah umrah.

Reporter: Musdar

Editor: Rani

Baca Juga