Konferensi Besar GP Ansor, Jokowi Ajak Seluruh Elemen Bangsa Bekerja Tangani Pandemi

Marwan Azis, telisik indonesia
Jumat, 18 September 2020
0 dilihat
Konferensi Besar GP Ansor, Jokowi Ajak Seluruh Elemen Bangsa Bekerja Tangani Pandemi
Presiden Jokowi ketika meresmikan pembukaan Konferensi Besar XXIII Gerakan Pemuda Ansor di Istana Bogor, secara virtual. Foto: Ist.

" Dalam situasi seperti ini, ketangguhan kita sebagai sebuah bangsa yang benar-benar menghadapi ujian kita harus satu barisan. Kita harus satu frekuensi, satu semangat, karena kita perlu kerja keras dan berikhtiar dengan sungguh-sungguh baik ikhtiar zahir maupun batin. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen bangsa untuk berjuang dan bekerja keras tangani pandemi COVID-19 sekaligus dampak yang ditimbulkannya.

“Dalam situasi seperti ini, ketangguhan kita sebagai sebuah bangsa yang benar-benar menghadapi ujian kita harus satu barisan. Kita harus satu frekuensi, satu semangat, karena kita perlu kerja keras dan berikhtiar dengan sungguh-sungguh baik ikhtiar zahir maupun batin,” kata Presiden Jokowi ketika menyampaikan sambutan melalui konferensi video dalam acara peresmian pembukaan Konferensi Besar XXIII Gerakan Pemuda (GP) Ansor dari Istana Bogor, Jumat (18/9/2020).

Untuk diketahui Kepala Negara mengikuti secara virtual jalannya acara tersebut dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, sementara para peserta dan undangan mengikuti acara dari Manado Tateli Resort & Convention, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam penjelasannya ikhtiar zahir menurut Presiden Jokowi, berupa menjaga pola hidup bersih dan sehat, mengikuti protokol kesehatan dengan mengenakan masker, menjaga jarak dan secara berkala mencuci tangan.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi hingga olahraga secara teratur juga penting dilakukan.

“Adapun ikhtiar batin adalah memperbanyak dzikir, istighfar, dan taubat kepada Allah SWT, memperbanyak infak dan sedekah terutama ketika saat ini banyak saudara-saudara kita yang kehilangan pekerjaan, banyak yang memerlukan bantuan-bantuan,” imbuhnya.

Jokowi meyakini di tengah pandemi yang melanda hampir seluruh negara di dunia pastilah terdapat suatu hikmah yang dapat dipetik bersama.

Baca juga: Sepekan Berfungsi, Tower 5 Wisma Atlet Telah Tampung 1.002 Pasien COVID-19

“Sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT, tentu saja kita harus mengambil hikmah dari setiap kejadian. Sebab kita meyakini setiap kejadian dan ciptaan Allah pasti ada hikmahnya, tidak ada yang sia-sia,” tuturnya.

Menurutnya, pandemi memberikan pelajaran berharga bagi kita mengenai pentingnya kemandirian untuk berdiri di atas kaki sendiri. Apa yang saat ini dinilai masih mengalami kekurangan, tentunya harus diperbaiki di masa mendatang.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengajak seluruh anggota GP Ansor baik secara individual maupun kolektif untuk ikut turun tangan bersama pemerintah dan elemen bangsa lainnya dalam membantu meringankan beban saudara-saudara kita.

Selain itu, seluruh elemen masyarakat juga dapat mulai peduli dan bangga terhadap produk-produk anak negeri dan mempromosikan produk lokal.

“Saya yakin dengan gerakan bersama ini kita bukan hanya akan membantu kehidupan para petani, nelayan dan UMKM, tapi juga akan membuat ekonomi bisa ikut bergerak sehingga negara kita bukan hanya bisa pulih ancaman penyebaran pandemi, namun ekonominya juga bisa bangkit kembali menuju pada kondisi yang normal,” ujarnya.

Jokowi berharap dan berdoa agar Allah SWT, segera mengangkat wabah COVID-19 dari bumi Indonesia, sekaligus menyelamatkan bangsa dan negara serta menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju.

Reporter: Marwan Azis

Editor: Kardin

Baca Juga