adplus-dvertising

Konflik Afghanistan, RI Evakuasi 26 WNI dan 7 Warga Asing ke Indonesia

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Sabtu, 21 Agustus 2021
2277 dilihat
Konflik Afghanistan, RI Evakuasi 26 WNI dan 7 Warga Asing ke Indonesia
Evakuasi WNA dari Afghanistan di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Foto: Repro tempo.co

" Pemerintah Indonesia mengevakuasi 26 Warga Negara Indonesia dari Afghanistan dan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur sekitar pukul 03.09 WIB. "

JAKARTA,TELISIK.ID - Pemerintah Indonesia mengevakuasi 26 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan dan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur sekitar pukul 03.09 WIB.

"Alhamdulillah pada dini hari ini warga negara Indonesia dari Afghanistan telah berhasil kita evakuasi dan baru saja tiba dengan selamat di Jakarta," kata Menlu RI, Retno Marsudi dalam konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/8/2021) dini hari.

Lebih lanjut Retno menjelaskan, pemerintah membawa pulang 26 WNI termasuk staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Afghanistan bersama 7 WNA yang ikut dievakuasi.


Mereka terdiri dari 5 orang warga negara Filipina dan 2 orang warga negara Afghanistan.

Hal itu dilakukan lantaran kondisi di Afghanistan yang mencekam usai Taliban mengambil alih kekuasaan.

Baca juga: Pertajam Penembakan, 152 Personil Polri Bakal Gabung Bersama Pasukan PBB Antisipasi Teror

Baca juga: Jokowi Terbitkan Aturan Perlindungan Khusus Anak Korban COVID-19

"Selain WNI, dalam misi evakuasi ini ikut juga 5 WN Filipina yang memang pemerintahnya meminta bantuan untuk ikut diangkut dalam misi evakuasi Indonesia dan 2 orang warga Afghanistan yang merupakan suami dari WNI dan staf lokal KBRI Kabul, Afghanistan," ucap Menlu Retno.

Menurut Retno, mengevakuasi WNA ini bukan kali pertama dilakukan, karena ini merupakan bagian dari kewajiban kemanusiaan yang harus dilakukan pemerintah Indonesia.

Retno mengatakan, semua evacuee atau orang yang dievakuasi serta anggota tim evakuasi akan langsung menjalani protokol kesehatan sesuai aturan ketibaan dari luar negeri.

"Satu catatan, satu diplomat dalam kondisi kurang sehat non-Covid dan akan segera dilakukan perawatan," ujar Retno.

Diketahui, kedatangan mereka menggunakan pesawat TNI AU dan disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto serta jajaran Kemenlu dan TNI. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga