Korupsi di Ditjen Pajak, Kinerja Menteri Sri Mulyani Dipertanyakan

Marwan Azis, telisik indonesia
Rabu, 03 Maret 2021
0 dilihat
Korupsi di Ditjen Pajak, Kinerja Menteri Sri Mulyani Dipertanyakan
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto: Repro Antara

" Karena dampak dan risiko organisasi tetap ada di Kementerian Keuangan, termasuk Menkeu harus menyiapkan mitigasi risikonya. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dugaan korupsi kembali terjadi di Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan.

Alhasil, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani yang membawahi Ditjen Pajak pun kena imbasnya.

Anggota Komisi XI DPR, Mukhamad Misbakhun mengatakan, kasus yang tengah ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu justru memunculkan pertanyaan tentang kinerja Menkeu, Sri Mulyani sebagai pejabat yang membawahi Ditjen Pajak.

"Ini momentum terbaik untuk melakukan penilaian kembali tentang kinerja Menteri Keuangan secara lebih menyeluruh, dalam kaitan pengawasan terhadap direktorat jenderal yang berada dalam rentang kendali Kementerian Keuangan. Tetap harus ada tanggung jawab seorang menteri keuangan dalam kasus di Ditjen Pajak saat ini," ujar Misbakhun melalui keterangan persnya di Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Baca juga: Pemerintah Monitoring Strain Virus Corona Baru B117 di Pintu Masuk

Menurut Politisi Partai Golkar itu, sudah semestinya Menkeu mengambil porsi tanggungjawabnya dalam persoalan itu.

"Karena dampak dan risiko organisasi tetap ada di Kementerian Keuangan, termasuk Menkeu harus menyiapkan mitigasi risikonya," tuturnya.

Ia mengapresiasi upaya KPK memberantas korupsi di sektor perpajakan. Namun, Misbakhun juga meminta para pegawai Ditjen Pajak tak berkecil hati.

"Saya juga mengapresiasi pegawai Ditjen Pajak yang selalu bekerja keras dalam menghimpun penerimaan negara, rupiah demi rupiah dari pajak untuk mengisi kas negara. Porsi pendapatan perpajakan di APBN lebih dari 80 persen, itu adalah angka yang sangat besar dan sangat berarti," tandasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga