Kota Kendari Jadi Pusat Pelaksanaan KKN Nusantara

Andi Sulthan Mujahidin, telisik indonesia
Selasa, 09 Maret 2021
0 dilihat
Kota Kendari Jadi Pusat Pelaksanaan KKN Nusantara
Prosesi penandatanganan MoU IAIN Kendari dan UIN Sunan Ampel Surabaya. Foto: Ist.

" Kita di Kendari kan banyak golongan, seperti NU, Muhammadiyah, Salafi, Wahdah beserta yang lainnya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kota Kendari menjadi fokus pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara.

Hal ini ditandai dengan pendantanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang peningkatan kualitas sumber daya melalui bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat oleh Institit Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya di Aula Mini, Selasa (9/3/2021).

Penandatanganan Nota kesepahaman ini juga dirangkaikan dengan penjajakan kerjasama pelaksanaan KKN Nusantara antara kedua kampus ternama di Indonesia.

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat IAIN Kendari, Dr Abdul Gaffar menjelaskan, kegiatan ini adalah pengembangan yang dilakukan dalam penjabaran dari KKN yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama.

Dari kegiatan tersebut, IAIN Kendari menargetkan akan melibatkan kampus PTKIN di Indonesia dan universitas yang ada di Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Baru 14 Anggota DPRD Kendari yang Disuntik Vaksin COVID-19

"Kegiatan ini adalah pengembangan dari KKN yang lalu pada tahun 2019. Kami targetkan agar Kampus se-PTKIN dan kampus yang ada di Sultra seperti Unhalu, UMK, Universitas NU dan lainnya terlibat dalam KKN tersebut.” ujar Dr Abdul Gaffar saat ditemui di ruang kerjanya.

Kota Kendari menjadi pilihan utama dalam pelaksanaan KKN Nusantara, ini dikarenakan tema KKN Peace Building atau Medorasi beragama sangat cocok dengan kondisi geografis di Kota Kendari.

"Kita di Kendari kan banyak golongan, seperti NU, Muhammadiyah, Salafi, Wahdah beserta yang lainnya," jelas Dr Abdul Gaffar.

Di masa pandemi ini, perguruan tinggi IAIN Kendari berinisiatif melaksanakan KKN dengan biaya tanggungan transportasi, sedang akomodasi tinggal selama KKN berlangsung ditanggung oleh mahasiswa.

"Seperti KKN pada umumnya, biaya tranportasi saja yang ditanggung," ungkapnya.

Baca juga: Tiga Kapal Tongkang Beraktivitas di Teluk Kendari, Dewan: Itu Melanggar

Sementara itu, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr Ribaidi M.,Ag menjelaskan, MoU itu sebagai penanda bahwa IAIN Kendari telah bekerjasama dengan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Selanjutnya, akan di-break down ke dalam penjabaran penjajakan KKN Nusantara dan Pks. Ini dimaksudkan untuk sama-sama memberikan penguatan di bidang penelitian dan model pengabdian masyarakat.

"Pks ini bergerak pada sama-sama memberikan penguatan menggunakan banyak metodologi," ungkap Dr Ribaidi saat ditemui di sela kegiatan kujungannya ke ruang Humas IAIN Kendari.

Rencananya kata dia, pada bulan Juli mendatang UIN Sunan Ampel Surabaya akan kembali merealisasikan KKN Nusantara dengan mengirimkan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan tersebut di Kota Kendari.

"Wujud konkretnya adalah mahasiswa kami dari Surabaya akan kami terjunkan ke Kendari. Sebelum itu, mereka akan kami bekali sebelum diturunkan," jelasnya. (B)

Reporter: Andi Sulthan Mujahidin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga