Kota Kendari Siap Pertahankan Kota Layak Anak

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 09 Juni 2021
0 dilihat
Kota Kendari Siap Pertahankan Kota Layak Anak
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, memimpin verifikasi kota layak anak. Foto: Sumarlin/Telisik

" Wali Kota Kendari menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) terus bertekad memperbaiki posisi Kota Kendari sebagai kota layak anak "

KENDARI, TELISIK.ID - Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, memimpin langsung proses verifikasi hybrid Kota Kendari pada penilai kota layak anak tahun 2020, Rabu (9/6/2021).

Proses verifikasi tersebut dilakukan tim verifikator dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Bappenas dan tim independen.

Wali Kota Kendari menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) terus bertekad memperbaiki posisi Kota Kendari sebagai kota layak anak.

"Kita melakukan ini semua tidak berorientasi sekedar untuk mendapatkan predikat, tentu kita berharap itu yang terbaik karena bagi kita penilaian ini adalah guidance buat kita, penuntun bahwa yang kita lakukan adalah sesuatu yang sudah benar artinya kita sudah mengarah pada jalan yang tepat," tegasnya.

Wali Kota mengaku, tujuan terbesar kota layak anak adalah bagaimana anak sebagai generasi penerus mendapatkan haknya, ruang maupun fasilitas yang mendukung tumbuh kembang mereka.

Apalagi zaman yang mereka hadapi saat ini, sangat berbeda dengan zaman para orang tuanya.

Seperti perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat, termasuk situasi pandemi COVID-19 yang memaksa semua pihak harus berbenah.

"Terbukti menghadapi anak-anak kita saja dalam situasi pandemi Ini luar biasa, bagaimana mendampingi mereka mengerjakan tugas-tugas sekolahnya, mendampingi mereka agar tidak larut dalam situasi sulit pandemi ini, bagaimana kita memelihara obsesi mereka mencapai cita-cita, bukan sesuatu yang mudah," ujarnya.

Belum lagi persoalan narkotika yang juga terus mengancam generasi muda, dekadensi moral akibat masuknya budaya luar. Sehingga peran semua pihak sangat dibutuhkan untuk menciptakan generasi yang berkualitas, tidak melupakan identitasnya, namun bisa bersaing dengan dunia luar.

Baca Juga: Tuntut Pemekaran Provinsi Kepulauan Buton, Massa Aksi Dirikan Kemah di DPRD Sultra

Sulkarnain juga membuka diri terhadap arahan dan masukan tim verifikator untuk memperbaiki kesalahan dan kekhilafan, agar lebih baik di masa yang akan datang.

"Kami dari pemerintah Kota Kendari berkomitmen akan bersungguh-sungguh mengupayakan yang terbaik, baik itu dari sisi kebijakan juga program, termasuk penyediaan sarana dan prasarana," katanya.

"Insyaallah kami sedang mengupayakan itu, beberapa taman kota terus kita benahi, beberapa fasilitas publik terus kita benahi, yang kemudian kita harapkan bisa memberikan ruang pada anak untuk terus berkembang mencapai cita-cita mereka," sambungnya.

Tim gugus tugas Kota layak anak Kota Kendari. Foto: Sumarlin/Telisik

 

Ketua Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, memaparkan indikator penilaian meliputi lima kluster dan capaian yang telah dilakukan Kota Kendari selama tahun 2019-2020.

"Upaya pemenuhan hak anak di bidang pendidikan sudah dilakukan pemerintah Kota Kendari diantaranya, pendamping atau advokasi pencapaian indikator pencapaian sekolah ramah anak," jelasnya.

"Percepatan sekolah menuju ramah anak melalui penilaian sekolah ramah anak," lanjutnya.

Ridwansyah menjelaskan, saat ini kota Kendari memiliki sekolah ramah anak diberbagai tingkatan, yaitu dari 19 PAUD 4 diantaranya merupakan ramah anak.

Dari 139 SD sederajat 62 di antaranya, ramah anak dan dari 53 SMP sederajat 23 diantaranya meruya sekolah ramah anak.

Kemudian Kota Kendari juga memiliki 15 puskesmas ramah anak, serta 20 kelurahan ramah anak dari 65 kelurahan di Kota Kendari.

Kepala Bappeda Kota Kendari ini menambahkan, berdasarkan penilaian mandiri maka Kota Kendari sudah mendapatkan poin 894.13 atau berada pada rentang kategori utama.

Sementara tim verifikator memberikan apresiasi pada pemerintah Kota Kendari karena dari dokumen yang mereka terima terlihat perkembangan yang sangat pesat, dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

Baca Juga: Karamba Direlokasi, Masyarakat Keluhkan Ikannya Mati

Meskipun demikian, masih ada sejumlah catatan yang disampaikan oleh tim verifikator seperti peningkatan jumlah sekolah ramah anak dan kelurahan ramah anak.

"Kami rekomendasikan untuk ke depan mumpung nilainya sudah tinggi tetapi saat dia mau naik kategori yang lebih tinggi lagi itu prasyarat memang harus semua sekolah ramah anak," ungkap tim verifikator Hamid.

Dia juga merekomendasikan agar dilakukan peningkatan kapasitas terhadap forum anak, sehingga peran mereka sebagai pelopor dan pelapor bisa lebih maksimal.

Tim verifikator menilai dari hasil verikasi sementara, Kota Kendari masih memiliki nilai lebih dan berpotensi memperoleh predikat yang lebih baik dibanding kota lainnya yang telah mereka verifikasi selama dua pekan belakangan.

Verifikasi yang berlangsung via zoom ini diikuti tim gugus tugas kota layak anak yang melibatkan sejumlah stakeholder terkait baik organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Kendari, forum Anak Kota Kendari, maupun pihak lainnya seperti Badan Narkotika, Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, lembaga Pemasyarakatan dan pengusaha. (A-Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga