adplus-dvertising

Kronologis Tewasnya TNI Asal Baubau Oleh Kelompok Bersenjata Papua

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 10 Maret 2020
5411 dilihat
Kronologis Tewasnya TNI Asal Baubau Oleh Kelompok Bersenjata Papua
Sertu La Ongge, yang tewas saat akan melakukan shalat subuh. Foto: Repro Google.com

" Jadi saya luruskan, yang terjadi itu penembakan, bukan penyerangan, korban terkena rekoset amunisi di telinga bagian kiri, korban sempat mendapat perawatan namun tidak tertolong. "

KENDARI, TELISIK.ID - Anggota TNI dari Koramil Jila 1710-05 Kodim 1710 Mimika, Timika, Papua, Sertu La Ongge, gugur saat baku tembak dengan KKSB. Sertu La Ongge terkena pantulan tembakan saat berwudhu untuk shalat subuh.

Sebelumnya, korban sempat menjalani perawatan di UGD RSUD Mimika. Sertu La Ongge tiba di RSUD pada pukul 10.50 WIT, Senin (9/3/2020), namun nyawanya tidak tertolong.

Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan, mengatakan, korban merupakan anggota Kodim 1710 Mimika yang bertugas di Koramil 1710-05.


Baca Juga : Kantor DPD Golkar Kota Kendari Diserbu Massa Simpatisan Laode Azhar

Dandim menuturkan, target penembakan adalah Pos Pamrahwan. Penembakan terjadi pada pukul 05.10 WIT. Proses evakuasi memakan waktu cukup lama karena jauhnya jarak dengan rumah sakit dan terkendala cuaca.

Sertu La Ongge sedang berwudhu untuk shalat dubuh saat penembakan. Naas, dia terkena pantulan atau rekoset amunisi.

"Jadi saya luruskan, yang terjadi itu penembakan, bukan penyerangan, korban terkena rekoset amunisi di telinga bagian kiri, korban sempat mendapat perawatan namun tidak tertolong," kata Dandim, dikutip dari Detik.com, Senin (9/3/2020).

Kronologis Kejadian

Baca Juga : Seorang Pemuda di Konsel Nyaris Tewas Diterkam Buaya

Pada hari senin (9/3/2020), sekitar pukul 05.00 WIT, bertempat di Distrik Jila, Kabupaten Mimika, terjadi kontak tembak yang dilakukan oleh KKSB terhadap anggota TNI di Pos Jila dari arah ketinggian belakang pos Ramil Kodim 1710/Mimika.

Pada pukul lima sesuai prosedur tetap (protap), personil pos Jila Yonif 754/ENK akan melaksanakan persiapan siaga fajar, tiba-tiba terdengar suara tembakan dari arah ketinggian belakang pos sebanyak lima kali.

Setelah mendengar suara tembakan, anggota pos Yonif 754 Dpp Danpos, Letda Inf Asis membalas tembakan dari bawah ketinggian pos Yonif 754 dan pos Ramil Jila. Tapi arah tembakan KKSB berasal dari dua arah, saling balas tembakan tak terhindarkan.

Sekitar pukul 05.45 WIT, kontak tembak berhenti, kemudian tiga anggota TNI bergeser ke pos 754 dengan membawa Sertu La Ongge, yang terluka bagian pelipis kanan yang menembus telinga kirinya. Diperkirakan terkena tembakan saat kelompok KKSB menyerang dari arah kanan pos Ramil.

Personil pos Ramil Jila Yonif 754/ENK kemudian melakukan pertolongan pertama, kepada Sertu La Ongge dengan memasang infus dan perban untuk mengentikan pendarahan.

Pukul 05.49 WIT, Letda Inf Asis menghubungi Pasi Ops Yonif 754/ENK atas nama Lettu Inf Andra guna melaporkan adanya kontak tembak dengan kelompok bersenjata. 

Pasi Ops kemudian memerintahkan agar tetap berjaga dan selalu waspada. Sambil menunggu bantuan dan tim evakuasi dari Timika.

Baca Juga : Oknum ASN BPBD Baubau Dilapor ke Polisi Diduga Aniaya Satgas Honorer

Pada pukul 05.55 WIT, Lettu Inf Andra melaporkan perihal kejadian itu, kepada Danyonif 754/ENK.

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Rani

Baca Juga