Kunker Jokowi di Sultra Bisa Diikuti Lewat Channel YouTube Sekretariat Negara RI

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 22 Oktober 2020
0 dilihat
Kunker Jokowi di Sultra Bisa Diikuti Lewat Channel YouTube Sekretariat Negara RI
Presiden RI, Joko Widodo saat berkunjung di Kendari 2019 lalu. Kunjungannya kali ini, karena bertepatan dengan pandemi COVID-19, dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Foto: Repro Google.com

" Kunker Presiden Joko Widodo itu akan sekaligus meresmikan Jembatan Teluk Kendari (JTK) di Kota Kendari, dan pabrik gula milik PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Kabupaten Bombana. "

KENDARI, TELISIK.ID - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Sultra pada hari ini, Kamis, 22 Oktober.

Kunker Presiden Joko Widodo itu akan sekaligus meresmikan Jembatan Teluk Kendari (JTK) di Kota Kendari, dan pabrik gula milik PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Kabupaten Bombana.

Terkait pandemi COVID-19, Keprotokoleran Istana Negara telah melakukan berbagai langkah antisipasi ekstra dan pengamanan berlapis untuk menjamin keamanan Kepala Negara.

Seluruh personel yang kemungkinan akan terlibat menyukseskan peresmian dua infrastruktur nasional tersebut telah menjalani pemeriksaan fisik dan psikis pada Rabu 21 Oktober 2020. Uji swab dilakukan secara saksama.

Walau kepastian kunjungan belum dapat dikabarkan kepada publik, namun Gubernur H. Ali Mazi, SH telah melakukan antisipasi resiko penularan, dengan mempersiapkan protokol pengamanan kesehatan dan pengamanan lokasi yang sangat ketat dengan dukungan peralatan dan personil.

Baca juga: Ini Jadwal KM Dobonsolo Oktober-November 2020

Protapnya juga sangat ketat, seperti Presiden tidak mengambil waktu terlalu lama dalam kunjungannya kali ini, publik tidak diperkenankan mendekati dua lokasi peresmian sehingga tidak terjadi pengumpulan massa, tidak ada pidato resmi berdurasi panjang, tidak ada sambutan adat, tidak ada pembacaan doa, dan tidak ada publikasi mengenai rute, durasi, moda, dan check-point.

Termasuk menunda untuk sementara kebiasaan Presiden Joko Widodo yang kerap membagikan cinderamata kepada masyarakat yang ditemui di sekitaran check-point perjalanan.

"Jika presiden nanti dipastikan melakukan dua kegiatan dimaksud, maka publik Kota Kendari dan Bombana, serta Sultra secara umum, dapat mengikuti kegiatan presiden melalui saluran televisi nasional atau akun YouTube resmi Sekretariat Negara (Setneg) RI," ungkap Juru Bicara Gubernur Sultra, Ilham Moehiddin.

Jembatan Teluk Kendari (JKT) yang menjadi program Gubernur Ali Mazi pada 2003 telah terwujud menjadi sala satu Infrastruktur Nasional berkat dukungan penuh Presiden Joko Widodo.

JTK dimasukkan dalam salah satu Infrastruktur Nasional karena pembangunannya menggunakan APBN dengan kelengkapan proyek serta konstruksi ditangani 100 persen oleh Kementerian PUPR Republik Indonesia. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga