Kupas Politisi: Merantau Sejak SMA, Rajab Jinik Gudangnya Solusi

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Senin, 27 Maret 2023
0 dilihat
Kupas Politisi: Merantau Sejak SMA, Rajab Jinik Gudangnya Solusi
LM Rajab Jinik ingin mengubah mindset anak muda yang berasal dari daerah demi masa depan yang lebih baik. Foto: Repro Instagram LM Rajab Jinik

" Pada tahun 2019 Rajab Jinik resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari dari Partai Golkar periode 2019-2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - LM Rajab Jinik merupakan putra ke-5 dari 6 bersaudara dari pasangan (Alm) Laode Idi dan Nike. Lahir di Kepulauan Buton pada 15 April 1984, Rajab Jinik menyelesaikan pendidikan di SDN Oengkapala Kacamatan Wakorumba Utara, lalu melanjutkan pendidikan di SMPN Wakorumba Utara.

Lulus SMP, ia merantau untuk menyelesaikan pendidikannya di SMAN 2 Raha, Kabupaten Muna. Setelah itu melanjutkan pendidikan S1 di Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari dan langsung melanjutkan S2 di Universitas Indonesia melalui jalur beasiswa jurusan kajian budaya dan lulus dengan gelar magister humaniora.

Pada tahun 2019 Ia resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari dari Partai Golkar periode 2019-2024. Ia memulai berkarir di dunia politik sejak di bangku kuliah.

Sebagai figur politik, ia juga aktif di sosial media seperti Instagram dan Facebook untuk membagikan beberapa postingan tentang aktivitasnya serta bebrapa ucapan sehingga bisa dilihat oleh publik.

Baca Juga: Kupas Politisi: Tips Hidup Sehat ala La Ode Ida

Kerap kali ia membagikan beberapa postingan tentang aktivitas sebagai bukti tanggung jawabnya sebagai wakil rakyat

‘’Sebenarnya berkarir di dunia politik itu sejak saya kuliah dulu menjadi Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Universitas Halu Oleo. Itu juga berpolitik semi formal,’’ucapnya.

Selain itu, ia menjelaskan, kegiatannya sehari-hari berkantor dan kadang ia menyempatkan waktu luangnya untuk bercengkrama bersama kerabat maupun bersama anak muda. Ia memang dikenal sebagi sosok yang mengayomi dan gemar memberi nasehat dan solusi.

Baca Juga: Kupas Politisi: Anggota Legislatif 3 Periode, Optimis Jadikan Kendari Lebih Baik

‘’Saya itu sangat menyayangkan kalau ada anak muda yang tamat kuliah kembali di kampung hanya berharap jadi PNS. Padahal jika nekat untuk merantau dan memulai karir di kota, itu dapat mengembangkan masa depan mereka’’ jelasnya.

Salah satu kerabatnya, LM. Robin Setiawan mengatakan, sosok Rajab di matanya bak gudang solusi. Ia selalu mementingkan kepentingan orang lain dibanding kepentingannya sendiri. Tak hanya itu, ia juga dikenal sebagai sosok yang humoris hingga mudah akrab dengan orang lain.

‘’Beliau itu selalu mendengarkan keluhan dan memberikan solusi serta saling berbagi pengalaman dengan harapan anak muda yang berasal dari kampung tidak stug mindset-nya hanya di situ-situ saja,’’ tambahnya. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga