Kurang dari Sebulan Masa Jabatan Gubernur Berakhir, Beberapa Proyek Belum Tuntas

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 22 Agustus 2023
0 dilihat
Kurang dari Sebulan Masa Jabatan Gubernur Berakhir, Beberapa Proyek Belum Tuntas
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi bakal melepas jabatan di bulan September 2023 mendatang. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Ada tiga mega proyek pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara itu yaitu Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Oputa Yi Koo, Jalan Wisata Kendari-Toronipa, dan Perpustakaan Modern "

KENDARI, TELISIK.ID - Kurang dari sebulan, tepatnya tanggal 5 September 2023, masa jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, akan berakhir. Namun beberapa mega proyek belum rampung 100 persen.

Ada tiga mega proyek pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara itu yaitu Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Oputa Yi Koo, Jalan Wisata Kendari-Toronipa, dan Perpustakaan Modern.

Sebagai pengawas pemerintah daerah, anggota DPRD Sulawesi Tenggara, Bustam, turut mengomentari hal tersebut. Ia mengakui meski secara fisik mega proyek tersebut sudah sempurna, namun masih banyak kekurangan dari segi peralatan, sarana dan prasarana.

Perpustakaan modern misalnya, sudah terbangun tujuh lantai dengan megah. Namun sarana di dalamnya seperti kursi, meja, ruang pertemuan dan buku-buku yang disediakan menurutnya baru 75 persen.

Baca Juga: Tiga Megaproyek Ali Mazi Segera Diresmikan Sebelum Masa Jabatan Berakhir, Jokowi Direncanakan Hadir

Begitu juga dengan Rumah Sakit Jantung, dirancang sebagai rumah sakit berskala internasional, kata Bustam, masih diperlukan puluhan hingga ratusan miliar untuk merampungkannya.

Di samping mega proyek, pembangunan multi-years kantor gubernur juga baru dimulai dari pondasi saja. Bangunan tersebut digadang akan menjadi gedung perkantoran pemerintah provinsi setinggi 22 lantai.

Baca Juga: Masa Jabatan Ali Mazi Segera Berakhir, Bappeda Sulawesi Tenggara Susun RPJPD 2025-2045

Ali Mazi saat ditemui di sebuah acara juga mengakui ketidaksempurnaan pembangunan tersebut selama masa jabatannya.

"Masih rapat-rapat terus ini," katanya kepada para jurnalis.

Ia berharap penjabat penggantinya akan melanjutkan mega proyek dan pembangunan lainnya. Terkait peresmian mega proyek oleh Presiden Joko Widodo juga belum diketahui kapan akan dilakukan. Katanya, pihaknya masih terus mencari waktu Pak Presiden untuk bisa berkunjung ke Bumi Anoa. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga