adplus-dvertising

Kurang Kesadaran Pengunjung, Pesona Pantai Pajala Mubar Dikotori Sampah

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 26 Februari 2022
634 dilihat
Kurang Kesadaran Pengunjung, Pesona Pantai Pajala Mubar Dikotori Sampah
Keadaan lingkungan pantai Pajala saat ini yang dipenuhi tumpukan sampah. Putri Wulandari/Telisik

" Keindahan pantai Pajala yang terletak di Kecamatan Maginti, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), kini terhalang oleh banyaknya sampah "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Keindahan pantai Pajala yang terletak di Kecamatan Maginti, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), kini terhalang oleh banyaknya sampah.

Padahal, pemandangan pantai Pajala menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, di mana terhampar pasir putih sejauh mata memandang serta di sebelah barat pantai ini terletak pulau Gala.

Menurut penuturan salah satu pengunjung, Darlis mengungkapkan, pada hari libur atau saat libur lebaran biasanya ia dan sanak suadaranya akan menyeberang ke pulau Gala.


"Dari pantai ini, biasanya kami menyeberang ke pulau Gala," ucapnya pada Telisik.id, Sabtu (26/2/2022).

Pantai Pajala akan ramai oleh pengunjung di saat bertepatan dengan hari libur atau pun akhir pekan, karena banyak yang memilih pantai ini menjadi tempat rekreasi bersama keluarga.

Walaupun sudah lama terekspos, namun masih banyak pula pengunjung yang penasaran akan pemandangan pantai ini.

"Saya tahu dari teman, saya penasaran dari cerita temanku itu, katanya bagus pantai Pajala," ungkap salah satu pengunjung, Alma.

Para pengunjung yang berdatangan selalu terkesan untuk berselfie ria, atau hanya sekedar menikmati pemandangan pantai yang ditumbuhi beberapa pohon bakau, serta terlihat perahu-perahu milik para nelayan yang berada di area pantai.

Baca Juga: Pertandingan Bulu Tangkis 1 Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wakil Butur Resmi Dibuka

Pantai Pajala ini yang menjadi ciri khasnya yaitu ketika air surut, pasirnya akan kelihatan berwarna merah, serta pantai ini pula menjadi sarana bagi para nelayan untuk memancing ikan.

Tetapi di balik pemandangan yang indah, lingkungan pantai Pajala saat ini nampak berserakan sampah, layaknya tak terjaga.

"Bagus pemandangannya tapi begitu mi, terhambur sampah di mana-mana," ungkap salah satu pengunjung, Irwan.

Baca Juga: PTM Digelar, Kadikbud Konawe Beri Pesan Kepala Sekolah dan Guru

Sampah yang berserakan diakibatkan oleh para pengunjung dan masyarakat setempat yang tak melestarikan kebersihan pantai ini, sehingga saat ini lingkungan pantai terlihat kotor dan sebagian dari pasir putihnya tertutupi oleh sampah.

"Banyak yang buang sampah sembarangan, karena tidak disiapkan juga tempat sampah untuk pengunjung," tutur pengunjung lainnya, Ayyi. (A)

Reporter: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Baca Juga