Lapas Baubau Over Kapasitas, Butuh Bangunan Baru

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 27 Desember 2023
0 dilihat
Lapas Baubau Over Kapasitas, Butuh Bangunan Baru
Lapas Kelas IIA Kota Baubau, over kapasitas, karena hanya terdapat 32 ruangan yang hanya diperuntukkan 264 orang. Foto: Elfinasari/Telisik

" Lapas Kelas IIA Kota Baubau saat ini menampung 525 narapidana, termasuk 10 perempuan dan 515 laki-laki, dengan 32 ruangan yang seharusnya diperuntukkan untuk 264 orang "

BAUBAU, TELISIK.ID - Lapas Kelas IIA Kota Baubau saat ini menampung 525 narapidana, termasuk 10 perempuan dan 515 laki-laki, dengan 32 ruangan yang seharusnya diperuntukkan untuk 264 orang.

Kepala Lapas Kelas IIA Baubau, Herman Mulawarman menyatakan, jumlah narapidana melebihi kapasitas yang telah ditetapkan.

Kalau kita bandingkan jumlah narapidana tahun lalu dengan tahun ini meningkat. Di mana tahanan ini belum bisa diterima sampai tingkat penuntutan nanti pada saat pelaksanaan di pengadilan baru diterima, sehingga terdapat perbedaan antara jumlah narapidana dan tahanan, jadi Lapas Baubau over kapasitas.

Baca Juga: Surplus 16 Mega, Baubau Komitmen Penuhi Kebutuhan Listrik Selama Nataru

"Pada umumnya, lapas-lapas di Indonesia menghadapi masalah over kapasitas. Kami berusaha menampung narapidana sebaik mungkin, cukup walaupun kadang tidak mencukupi, jadi tetap kami tampung karena tidak ada lagi lapas di sini,” ujarnya, Rabu (27/12/2023).

Ia menjelaskan tidak mungkin menampung di Lapas Kendari karena semua Lapas over kapasitas.

Ia menambahkan, angka ini diperkirakan akan terus bertambah seiring proses penanganan di kepolisian.

Baca Juga: Simulasi Pemilu 2024 di Kota Baubau Upaya Antisipasi Masalah dan Peningkatan Kapasitas

"Pelanggaran yang melibatkan narapidana beragam, termasuk pencurian, kekerasan, pembunuhan, dan korupsi. Kasus narkoba mendominasi dengan 60 narapidana dan mayoritas laki-laki," ungkapnya saat ditemui Telisik.id.

Pengadministrasi Umum Lapas Kelas IIA Baubau, Syafrin menjelaskan, narapidana berasal dari kepulauan Buton dan Kabupaten Wakatobi, kecuali Buton Utara.

“Seharusnya itu hanya menampung 264 kapasitas dengan jumlah 32 ruangan tersebut,” tuturnya. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga