Laporan 100 Hari Kinerja Pj Bupati Konawe Bakal Disampaikan ke Kemendagri

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 04 Januari 2024
0 dilihat
Laporan 100 Hari Kinerja Pj Bupati Konawe Bakal Disampaikan ke Kemendagri
Finalisasi laporan 100 hari kinerja Pj Bupati Konawe yang akan disampaikan ke Kemendagri RI. Foto: Ist.

" Pemerintah Daerah Konawe, menggelar finalisasi laporan ekspose kinerja penjabat bupati yang akan disampaikan secara resmi di Kementerian Dalam Negeri "

JAKARTA, TELISIK.ID -  Pemerintah Daerah Konawe, menggelar finalisasi laporan ekspose kinerja penjabat bupati yang akan disampaikan secara resmi di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI pada Kamis (4/1/2024).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, didampingi Sekda Konawe Ferdinand Sapan dan dihadiri para asisten, staf ahli, pimpinan OPD dan para kabag lingkup Pemda Konawe.

Kepala Dinas Kominfo Konawe, Akib Ras menyampaikan bahwa acara ini merupakan upaya untuk memastikan laporan ekspose 100 hari kinerja Pj Bupati Konawe siap disampaikan ke Kemendagri.

"Laporan ekspose tersebut merupakan proses evaluasi dan pelaporan capaian kinerja Pj Bupati selama ia menjabat 100 hari kerja," ucapnya.

Ekspose 100 hari kerja Pj Bupati yang akan disampaikan secara resmi ke Kemendagri mencakup berbagai aspek, terutama capaian pengendalian kemiskinan ekstrem, stunting dan inflasi daerah.

Baca Juga: Momen Pergantian Tahun, Pj Wali Kota Kendari Paparkan Capaian Kinerja 2023 dan Target 2024

"Kami berharap laporan finalisasi ekspose kinerja Pj Bupati ini dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai capaian dan tantangan yang dihadapi selama masa jabatannya," harapnya.

Akib juga menyampaikan, laporan ekspose kinerja tersebut merupakan bagian dari pertanggungjawaban pemerintah daerah kepada pemerintah pusat.

Diharapkan, hasil ekspose ini dapat menjadi pijakan bagi evaluasi dan perbaikan kebijakan di masa mendatang, serta membuktikan komitmen Pemerintah Kabupaten Konawe untuk mencapai tingkat pelayanan publik yang lebih baik.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba menjelaskan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Konawe 2045 menggagas City Branding Konawe menjadi Kota Padi.

Baca Juga: DPRD Apresiasi Capaian Kerja Pj Bupati Muna Barat

Harmin menyampaikan bahwa gagasan atau program itu merupakan hasil referensi dan analisis bahwa yang cocok untuk Konawe adalah Kota Padi.

Lanjut Harmin Ramba, konsep City Branding ini sudah disetujui oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan sudah masuk di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Sehingga begitu kita bicara Kota Padi, kan regulasi ikutannya harus ada, program ikutannya harus ada, outputnya harus ada, minimal Kota Padi ini bagaimana optimalisasi sektor pertanian, dari hulu ke hilir industri," bebernya.

Kemudian lanjut Harmin Ramba, sektor pertanian harus dioptimalkan menjadi agrowisata, dan agro tourism. Dan kalau yang sudah dibangun akan memberi dampak yang signifikan bagi Kabupaten Konawe. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga