adplus-dvertising

Linmas Dibimbing Kamtibmas, Pj Kades di Muna Setor Rp 3 Juta

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 13 Oktober 2021
534 dilihat
Linmas Dibimbing Kamtibmas, Pj Kades di Muna Setor Rp 3 Juta
Peserta yang mengikuti pelatihan Kamtibmas. Foto: Sunaryo/Telisik

" Linmas desa di Muna dibimbing pengetahuan tentang penanganan kemananan dan ketertiban masyarakat "

MUNA, TELISIK.ID - Linmas desa di Muna dibimbing pengetahuan tentang penanganan kemananan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Setiap desa, mengutus dua orang perwakilannya untuk mengikuti pelatihan dengan narasumber aparat Kepolisian Resort (Polres) Muna.

Untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu, 11-13 Oktober, 124 Pj kepala desa (Kades) harus berkontribusi menyetor uang sebesar Rp 3 juta pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).


"Dananya itu, masing-masing bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD)," kata Ikhsan, Kabid Keuangan dan Aset DPMD Muna, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Komisi V DPR Bersama Otoritas Bandara Wilayah Timur Siap Tinjau Lokasi Bandara Kolut

Baca juga: Angin Kencang Rusak Gedung Sekolah dan Rumah Warga Desa di Buton

Dana yang disetor itu digunakan untuk biaya akomodasi peserta, sewa hotel dan oprasional lainnya. Kegiatan tersebut bertujuan agar mereka dapat mengetahui cara-cara menangani persoalan di desa dan langkah-langkah koordinasi dengan aparat kepolisian bila terjadi hal-hal yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Muna, Bachrun Labuta. Ia berharap, setelah pelatihan,  peserta bisa menjadi informan yang baik tentang kamtibmas di masyarakat. Peserta harus bisa mendeteksi secara dini hal-hal yang menyebabkan ketidaknyamanan dan ketidaktertiban di masyarakat.

"Kamtibmas ini menjadi tanggungjawab semua masyarakat. Muna bisa sejahtera, mandiri jika seluruh pihak terlibat," pungkas Bachrun Labuta. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga