Literasi Baca Perpustakaan Darul Ilmi MAN 1 Kendari Upaya Tingkatkan Kemampuan Siswa

Apriadi Mayoro, telisik indonesia
Kamis, 21 Desember 2023
0 dilihat
Literasi Baca Perpustakaan Darul Ilmi MAN 1 Kendari Upaya Tingkatkan Kemampuan Siswa
Kondisi Perpustakaan Darul Il'mi MAN 1 Kendari, sebagai tempat peningkatan literasi baca siswa, Kamis (21/12/2023). Foto: Apriadi Mayoro/Telisik

" Perpustakaan Darul Il’mi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari, sediakan program literasi baca dan pemeliharaan perpustakaan untuk tingkatkan minat baca dan kecakapan komunikasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Perpustakaan Darul Il’mi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kendari, sediakan program literasi baca dan pemeliharaan perpustakaan untuk tingkatkan minat baca dan kecakapan komunikasi.

Literasi baca merupakan salah satu program Perpustakaan Darul Il’mi dalam melatih siswa mempresentasikan hasil-hasil bacaan buku yang mereka pinjam dari perpustakaan. Presentasi ini dilakukan saat apel pagi.

“Misalnya mereka meminjam buku, setelah mereka baca, mereka presentasikan teman-temannya di apel pagi, jadi ada acara, kegiatan mempresentasikan hasil-hasil bacaannya,” ujar Kepala Staf Perpustakaan, Muzrin Imu, Kamis (21/12/2023).

Ada juga program kreatifitas siswa, di mana program ini melatih kemampuan siswa dalam membuat sebuah karya seni, seperti kerajinan bunga yang menggunakan bahan bekas dari plastik.

Baca Juga: Permohonan Beasiswa Ditolak Gegara KTP, Orang Tua Kecewa Pelayanan Biro Kesra Sulawesi Tenggara

Selain itu, pihak pengelola perpustakaan juga melakukan pemeliharaan perpustakaan dengan melakukan pembaruan dan perbaikan pada buku-buku pelajaran.

Muzrin menjelaskan, penambahan dan pembaruan buku-buku baru tersebut, dilakukan dengan memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan sumbangan-sumbangan dari alumni MAN 1 Kendari.

Menurut salah seorang siswi, Ina, Perpustakaan mereka (Darul Il’mi) sudah memberikan pelayanan yang bagus, seperti penyediaan kartu perpustakaan untuk melatih kedisiplinan dalam pengembalian buku dan program literasi baca.

“Setiap Rabu itu, biasanya kita kumpulkan siswa sebelum jam 7 sudah di lapangan, terus nanti, literasi, itu biasanya kita gilir perkelas,” kata mantan anggota OSIS tersebut.

Ia menilai dengan program literasi baca, mereka dapat melatih kemampuan berbicara di depan banyak orang dan bisa meningkatkan minat baca pelajar di MAN 1 Kendari.

Baca Juga: Kejati Sulawesi Tenggara Didesak Panggil Kontraktor dan Kadinkes Muna Barat Soal Pembangunan Gedung Kesehatan

Kepala Sekolah MAN 1 Kendari, La Tangkalalo menjelaskan, sekolah memiliki program khusus dalam meningkatkan literasi para pelajar, program tersebut dilakukan dengan melakukan kunjungan sekali sepekan pada Perpustakaan Darul Il’mi dan Perpustakaan Daerah.

Ia menambahkan, saat ini perpustakaan mereka masih berakreditasi B karena sarana dan prasarana perpustakaan masih kurang.

“Jadi lumayan bagus, hanya memang sarprasnya masih agak kurang sehingga belum bisa terakreditasi A,” ungkapnya.

Sesuai dengan yang disampaikan, perpustakaan ini memang masih kurang dari segi sarana dan prasarana seperti ketersediaan rak buku, gudang, begitupun juga pada keterbatasan ruangan yang dirasa sudah tidak bisa menampung pelayanan perpustakaan. (A)

Penulis: Apriadi Mayoro

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga