LP2M IAIN Kendari Gelar Seminar Nasional Gender, Bahas Cara Didik Anak di Era Digital

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 02 Oktober 2023
0 dilihat
LP2M IAIN Kendari Gelar Seminar Nasional Gender, Bahas Cara Didik Anak di Era Digital
Seminar Nasional Gender yang digelar LP2M IAIN Kendari, bertema

" Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Kendari melaksanakan Seminar Nasional Gender, Rabu (27/9/2023) "

KENDARI, TELISIK.ID - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melaksanakan Seminar Nasional Gender, Rabu (27/9/2023).

Seminar Nasional Gender itu mengangkat tema "Digital Parenting" dengan menghadirkan Maulidya Ulfah, dosen Pendidikan Islam Anak Usia Dini di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, sekaligus Wakil Ketua Asosiasi PPIAUD dan PPJ Indonesia.

Maulidya Ulfah menjelaskan masalah yang seringkali didapatkan dalam pola pengasuhan orang tua di era digital, seperti tidak maksimal mendampingi anak, serta komunikasi yang menyimpang.

"Orang tua sibuk bekerja dan melakukan pembiaran sehingga anak bebas memakai smartphone yang mengakibatkan kerusakan otak anak. Selanjutnya pengabaian orang tua pada perubahan anak misal kesehatan mata anak, perkembangan fisik obesitas, pergaulan anak kurang, penurunan konsentrasi, keterlambatan bicara," katanya.

Untuk itu, lanjut Maulidya Ulfah, pola pengasuhan orang tua mesti disesuaikan dengan kebiasaan anak menggunakan gadget atau perangkat digital. Sebelum orang tua memutuskan membelikan anak perangkat digital berupa smartphone atau komputer, sebaiknya anak wajib diajak bicara kemudian dibuat peraturan terlebih dahulu.

Baca Juga: IAIN Kendari Wisuda 626 Mahasiswa, Rektor Tawarkan 3 Pilihan

Seperti, menanamkan pondasi agama yang kuat pada anak, memberikan pemahaman positif dan dampak negatif dari internet atau mendampingi anak saat mengakses internet dan meningkatkan interaksi.

"Memfilter konten kekerasan, konten dewasa dan pornografi, caranya aktifkan safesearch kemudian lihat histori penelusuran untuk melihat aktivitas yang sudah dilakukan anak," tambahnya.

Baca Juga: IAIN Kendari Pecahkan Rekor Muri Moderasi Beragama, 1.389 Mahasiswa Baru Ikut Serta

Sementara itu, Kepala Pusat Studi Gender dan Anak IAIN Kendari, La Ode Anhusadar mengatakan, dasar kegiatan ini adalah selama ini kita hanya mengenal pola asuh parental control yaitu bagaimana orang tua mengontrol, membimbing, dan mendampingi anak-anaknya untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangannya menuju pada proses pendewasaan.

Lanjut Anhusadar, kenyataan sekarang bahwa anak selalu dekat dengan dunia digital, setiap aktivitas selalu tidak terlepas dengan dunia digital. Untuk itu, orang tua perlu mendampingi dalam setiap tumbuh kembang anak.

"Peserta kegiatan ini sebanyak 100 mahasiswa dari 3 program studi yaitu prodi BPI, PGMI dan PIAUD. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kepada mahasiswa metode secara umum dalam digital parenting yaitu keteladanan, latihan keterampilan, role playing, mind mapping, dan discovery Learning," katanya. (B-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga