Mabes Polri Sebar 2.130 Personel ke Daerah Amankan Pemilu 2024

Mustaqim, telisik indonesia
Senin, 25 September 2023
0 dilihat
Mabes Polri Sebar 2.130 Personel ke Daerah Amankan Pemilu 2024
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menerangkan, ribuan personel diturunkan ke daerah amankan Pemilu 2024. Foto: Ist.

" Ribuan personel polisi dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) akan diterjunkan untuk mengamankan Pemilu 2024. Mereka akan bekerjasama dengan personel Kepolisian Daerah (Polda) di masing-masing wilayah "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ribuan personel polisi dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) akan diterjunkan untuk mengamankan Pemilu 2024. Mereka akan bekerjasama dengan personel Kepolisian Daerah (Polda) di masing-masing wilayah.

Ribuan personel Mabes Polri ini akan bertugas selama tahapan Pemilu 2024. Mereka akan ditugaskan dengan nama sandi operasi adalah Operasi Mantap Brata 2023-2024. Jangka waktu operasi terhitung 222 hari. Itu artinya sampai Mei 2024.

“Jumlah personel yang dilibatkan dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024 oleh Mabes Polri yaitu 2.130 personel,” ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, kepada wartawan, di Jakarta, Senin (25/9/2023).

Baca Juga: Anggaran Pemilu 2024 Rp 76,6 Triliun Termasuk Pilpres Dua Putaran

Menurut Ahmad, ribuan personel Mabes Polri yang diterjunkan ini didukung kekuatan personel Polda dan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran Operasi Mantap Brata 2023-2024. Dia menyebutkan, terdapat sembilan satuan tugas (satgas) di level Mabes Polri. Sedangkan di polda ada tujuh satgas dan di tingkat Kepolisian Resort (Polres) kabupaten/kota terdapat enam satgas.

“Satgas operasi pusat terdiri dari Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Tindak, Satgas Penegakan Hukum, serta Satgas Pengamanan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden,” jelas Ahmad.

Satgas berikutnya, yakni Satgas Antiteror, Satgas Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Luar Negeri, Satgas Hubungan Masyarakat, dan Satgas Bantuan Operasi.

Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Agus Andrianto, mengingatkan seluruh personel Polri agar tidak terlibat dalam dukung-mendukung kontestan Pemilu 2024.

Baca Juga: Anies Baswedan Naik Motor Urus SKCK untuk Pilpres 2024

“Saya ingatkan jaga netralitas pada Pemilu 2024,” tegas Agus dalam keterangan tertulis.

Agus menekankan pentingnya kesetiaan terhadap komando Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kemudian mematuhi perintah dari masing-masing pimpinan. “Baik di tingkat Mabes Polri, Polda, maupun Polres-Polres,” tegas jenderal bintang tiga itu.

Agus juga meminta personel Polri menjaga disiplin dan tidak melanggar aturan yang ditetapkan. Seluruh personel Polri diharapkan mampu menunaikan tugasnya dengan netral dan profesional.

“Serta menjaga integritas lembaga kepolisian dalam menjalankan proses demokrasi Pemilu 2024,” tandasnya. (B)

Penulis: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga