Mahasiswa IAIN Kendari Siap Bersaing di Olimpiade Sains Nasional

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 05 November 2019
0 dilihat
Mahasiswa IAIN Kendari Siap Bersaing di Olimpiade Sains Nasional
Puluhan Mahasiswa IAIN Kendari lolos seleksi babak penyisihan OSKI 2019 Foto: Istimewa

" Ini membuktikan bahwa mereka bersungguh-sungguh dalam proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas, selain itu kami juga mengapresiasi dedikasi para dosen yang telah meluangkan waktu untuk membina mahasiswa kita sebelum mengikuti seleksi online pada 30 Oktober lalu. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 13 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari dinyatakan lolos seleksi pada babak penyisihan seleksi Olimpiade Sains dan Karya Inovasi PTKI (OSKI) tahun 2019.

Hasil tersebut diketahui melalui pengumuman Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada tanggal 4 November kemarin, dan belasan mahasiswa bersangkutan berhak mengikuti OSKI tahap selanjutnya yang akan diselenggarakan di Makassar selama tiga hari, dari 14-16 November mendatang.

Wakil Dekan I Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jumardin La Fua menyebutkan, dari 13 mahasiswa tersebut delapan orang lolos pada bidang ilmu Fisika dan lima lainnya pada bidang ilmu Matematika.  

Dimana, kata dia, keberhasilan mahasiswa menembus olimpiade tingkat nasional ini tidak terlepas dari upaya pihak institusi dalam meningkatkan kualitas bidang akademik serta keuletan para dosen dalam melakukan pembimbingan kepada mahasiswa.

“Ini membuktikan bahwa mereka bersungguh-sungguh dalam proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas, selain itu kami juga mengapresiasi dedikasi para dosen yang telah meluangkan waktu untuk membina mahasiswa kita sebelum mengikuti seleksi online pada 30 Oktober lalu,” katanya.

Pada tahap selanjutnya, Ia mengaku akan berupaya agar mahasiswa IAIN Kendari bisa meraih peringkat 5 besar pada kompetisi bergengsi ini melalui beberapa persiapan diantaranya pembimbingan intensif.

"Prestasi mahasiswa pada bidang sains ini dapat menjadi tolak ukur peningkatan kualitas pembelajaran pada jurusan Pendidikan MIPA yang baru genap berusia 4 tahun sejak pertama kali dibentuk 2015 silam," lanjutnya.

Adapun mahasiswa peserta olimpiade bidang Fisika akan dibimbing oleh La ode Asmin, sedangkan Matematika dibawah bimbingan Dedyerianto, Tandri Patih, dan Halistin.

Untuk diketahui, kompetisi OSKI diperuntukkan bagi mahasiswa dan dosen dalam rangka membangun motivasi belajar, kreatifitas dan daya saing. Empat bidang ilmu yang diperlombakan antara lain Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika. Setiap lomba akan mengukur kemampuan penguasaan konsep keilmuan dan keterampilan kerja.

 

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Ibnu

Baca Juga